KKN TEMATIK PENCEGAHAN DAN PENANGANAN PENYAKIT MALARIA UNTUK MEMBENTUK KEPEDULIAAN MASYARAKAT

Authors

  • Mustopa Husein Lubis Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara
  • Aulia Arum Chandra Kartika Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara
  • Hoirul Umam Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara
  • S. Selamat Riadi Siregar Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara

Keywords:

enyakit Malaria, KKN Tematik, Pencegahan Malaria

Abstract

Malaria menjadi salah satu penyebap utama penyakit dan kematian di seluruh penjuru dunia. Malaria merupakan salah satu penyakit menular yang disebapkan oleh parasit (Plasmodium) yang ditilarkan dari satu manusia ke yag lain dengan pelantara nyamuk malaria (Anopheles).  Penyakit malaria banyak terdapat di diaerah tropis dan sub tropis  pola penyebarannya di sebabpakn oleh beberapa faktor antara lain:  perubahan lingkungan, vaktor budaya masyarakat, resensi obat dan keterbatasan  jangkauan pelayanan kesehatan di beberapa daerah (Stiawan, 2013). Upaya dalam penanggulangan penyakit malaria secara epidemologis adalah dengan cara memutus mata rantai penularan antara host, agen dan environment. Dengan adanya kegiatan KKN Tematik ini diharapkan masyarakat merasakan peran nyata dari Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara  dalam upaya pencegahan penyakit malaria. Peran KKN sebagai bagian dari pengembangan kopetensi mahasiswa, khusunya kopetensi sosial dan kopetensi kpribadian. Selian itu denga danya kegiatan ini diharapkan membangun narasi optimistis, sehingga masyarakat tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi penyakit malaria yang menyerang disaat musim penghujan tiba.

References

Arsin, A. A. (2012). Buku Malaria di INDONESIA Tinjauan Aspek Epidemiologi. Makassar: MASAGENA PRESS.

Depkes RI. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2013 Tentang Pedoman Tata Laksana Malaria.

Sidiq. (2013). Keefektifan penyuluhan keluarga terhadap pemberantasan demam berdarah dengue di Kabupaten Bondowoso.

Yusyaf, et al.(2013).Efektifitas pendidikan kesehatan menggunakan metode pendidikan individual terhadap peningkatan pengetahuan keluarga tentang demam berdarah Dengue.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Lubis , M. H. ., Kartika , A. A. C. ., Umam, H. ., & Siregar , S. S. R. . (2023). KKN TEMATIK PENCEGAHAN DAN PENANGANAN PENYAKIT MALARIA UNTUK MEMBENTUK KEPEDULIAAN MASYARAKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1629–1632. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13547