PENERAPAN NILAI-NILAI DAN MORAL PANCASILA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA SENTUL, KECAMATAN BABAKAN MADANG KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Rodon Pedrason Universitas Pertahanan Indonesia
  • Supardi Hamid Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisisan Jakarta
  • I Gusti Kade Budhi Harryarsana Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13174

Keywords:

Pancasila, Radikalisme, Teknologi

Abstract

Peranan penting terhadap dasar ideologi pancasila dalam kehidupam maasyarakat menjadi salah satu pilihan utama yang mengedepankan kehidupan yang aman, nyaman dan tentram. Pegangan hidup dalam bersikap, berifikar dan bertindak tertuang dalam nilai-nilai dan moral pancasila yang dapat memberikan pandangan hidup sosial yang bermartabat dilingkungan masyarakat. Penguatan nilai-nilai pada pancasila merupakan suatu cara yang dilakukan untuk memperkokoh dan menjaga kesatuan ataupun persatuan keutuhan negara dalam mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat. Berdasar pada penerpaan nilai-nilai dan moral pancasila yang dapat dilakukan dengan berbagai komponen-komponen yang dapat menemukan hasil yang maksimal seperti penerapan nilai-nilai dan moral pancasila untuk penguatan ideologi masyarakat, untuk menghadapi paham radikalisme dan golongan terorisme serta menghadapi percepatan teknologi berbasis online atau aplikasi media sosial. Masyarakat Desa Sentul Kecamatan Babakan Madang KabupatenPpurbalingga merupakan suatu wilayah yang berada di wilayah paling utara jauh dengan pusat kota dengan penggunaan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh daerah sekitar yang memungkinkan besar adanya pengaruh-pengaruh dari luar yang masuk sehinga diperlukan untuk menenamkan nilai-nilai pancasila secara bersamaan di lingkungan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, maka kehadiran pengabdian yang dilaksankan kepada masyarakat mengenai “Penerapan nilai-nilai dan moral dalam kehidupan masyarakat Desa Sentul Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor” dianggap penting untuk dilaksanakan.

References

Amir Syarifuddin. (2018). Pancasila As Integration Philosophy of Education and National Character. International Journal of Scientific & Technology Research. Volume 2, Issue 1.

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai – Nilai Pancasila Bagi Siswa di Era Globalisasi. CITIZENSHIP: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 440-450.

Fahrimal, Y. (2018). Netiquette: Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial Dalam Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 69-78.

Fauziyah Hafni, Dewi Dinie Anggraeni. (2021). Implementasi nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghindari Aliran Sesat di Kehidupan Beragama Masyarakat Indonesia. Jurnal Edukasi Nonformal. Vol. 2 No.1 E-ISSN:2715-2634

Hadi, A. (2019). Moralitas Pancasila dalam Konteks Masyarakat Global: Mengkaji Pendidikan Kewarga negaraan untuk Penguatan Nilai Moral dalam Konteks Globalisasi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 8(2), 123-138.

Husin Affan, M., & Maksum, H. (2016). Membangun Kembali Sikap Nasionalisme Bangsa Indonesia Dalam Menangkal Budaya Asing Di Era Globalisasi M. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 65–72. https://doi.org/10.7498/aps/62.010302.

Mangunsong, N., & Fitria, V. (2019). Pancasila dan Toleransi pada Tradisi Keagamaan Masyarakat Yogyakarta. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. 16(1), 89–97.

Savitri, Aini Shifan., Dewi, Dinie Anggraeni. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan di Era Golablisasi. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Dasar Vol. 5 No 02. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa

Tjandrawina, R.R. (2016). Industri 4.0: Revolusi Industri Abad Ini Dan Pengaruhnya Pada Bidang Kesehatan dan Bioteknologi. Jurnal Medicinus, Vol 29, Nomor 1, Edisi April.

Yanto, D. (2016). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pandangan Hidup dalam Kehidupan Sehari-Hari. ITTIHAD, 14(25): 35-45

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Pedrason, R., Hamid, S., & Harryarsana, . I. G. K. B. . (2023). PENERAPAN NILAI-NILAI DAN MORAL PANCASILA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA SENTUL, KECAMATAN BABAKAN MADANG KABUPATEN BOGOR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1559–1566. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13174