WORKSHOP MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) BAGI HIMPUNAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Pipit Rahayu Universitas Pasir Pengaraian
  • Eripuddin Eripuddin Universitas Pasir Pengaraian
  • Ummi Rasyidah Universitas Pasir Pengaraian
  • Batdal Niati Universitas Pasir Pengaraian
  • Evi Kasyulita Universitas Pasir Pengaraian
  • Andri Donal Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12988

Keywords:

Workshop, MBKM, Program Pembelajaran

Abstract

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki himpunan mahasiswa bahasa Inggris (ESSA) dimana seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris mengikuti program kerja yang selaras dengan visi dan misi program untuk memberikan ruang bagi mahasiswa untuk berinovasi, berkreasi, dan mengembangkan bakat dan keterampilan masing-masing. Tahun ini merupakan tahun kedua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berkonsentrasi pada program bekerja sama dengan para siswanya dalam mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Mahasiswa masih belum mengetahui segala hal yang perlu diketahui tentang berbagai kegiatan MBKM, baik yang akan dilakukan setiap semester maupun yang akan mereka lakukan. Himpunan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris akan menjadi mitra sasaran kegiatan layanan MBKM tahun 2022. Workshop digunakan untuk mengimplementasikan MBKM dengan tujuan menjadikan lulusan dan mahasiswa lebih kompeten baik soft skill maupun hard skill yang bekerja sama dengan kegiatan MBKM. Hal ini akan menjadikan lulusan dan mahasiswa lebih siap dan lebih relevan dengan kebutuhan saat ini, menjadikan lulusan dan mahasiswa sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan memiliki kepribadian. Program pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan jalur yang dapat beradaptasi seharusnya bekerja dengan siswa untuk menumbuhkan kapasitas mereka yang sebenarnya sesuai dengan antusiasme dan kemampuan mereka melalui latihan MBKM yang diiklankan.

References

Chumaeson Wahyuning. (2020). Pelatihan Publik Speaking Pada Generasi Muda Desa Kiringan Boyolali. Intelektiva: Jurnal, Ekonomi, Sosial & Humaniora. Boyolali

Hutomo, Azhar. (2019). Pengaruh Pelatihan Teknik Announcing Terhadap Peningkatan Kualitas Pemandu Acara (MC) Bagi Remaja Kampung Cerdas. Jurnal Komunikasi. 10 (1). Hal. 83-88.

Meliala, Robbikal Muntaha. (2020). Pelatihan Teknik Retorika Dalam Menunjang Kepemimpinan Pemuda Berorganisasi Bagi Remaja Panti Asuhan Hidayah. Jurnal SOLMA. 9 (1). Hal. 79-91

Prasojo, Anita Wulandari. (2015). Bahasa Indonesia dalam Media : Peran Bahasa Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Siliwangi Bandung. Hal. 36-45

Rakhmat, J. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riswandi. (2017). Gaya Komunikasi Capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto PadaPilpres 2014. Jurnal Acta Diurna, 13(1), Hal. 89–101.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Rahayu, P. ., Eripuddin, E., Rasyidah, U. ., Batdal Niati, Kasyulita, E. ., & Donal, A. (2023). WORKSHOP MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) BAGI HIMPUNAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1407–1412. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12988