DIGITALISASI BISNIS UMKM ACEH BARAT SELATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BRANDING

Authors

  • Rizki Agam Syahputra Universitas Teuku Umar
  • Riza Ulhaq Universitas Teuku Umar
  • Arrazy Elba Ridha Universitas Teuku Umar
  • Fajar Okta Widarta Universitas Teuku Umar
  • Sofiyanurriyanti Sofiyanurriyanti Universitas Teuku Umar
  • Kasmawati Kasmawati Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12969

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah sarana menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi hasil penelitian kepada masyarakat luas. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan oleh dosen Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar. Kegiatan ini bertemakan Digitalisasi Bisnis UMKM Aceh Barat-Selatan. Kegiatan dilaksanakan di Aula Korpus IBT Universitas Teuku Umar, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan branding para pelaku bisnis UMKM Aceh Barat-Selatan. Peserta kegiatan pengabdian ini terdiri dari pelaku bisnis, mahasiswa yang berminat menggeluti bisnis UMKM serta tenant korpus IBT universitas Teuku Umar yang dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2022. Pelaksanaan kegiatan pengabdian diawali dengan pemaparan materi yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pengetahuan tentang branding bisnis digital disampaikan kepada para peserta dengan harapan dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan hasil bisnis dan penyebarluasan cakupan pemasaran produk-produk unggulan. Peserta sangat antusias dalam mendengar materi yang disampaikan terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan  seputar branding bisnis digital. Saling berbagi informasi antara pemateri dan para pelaku bisnis UMKM membuka wawasan dan meningkatkan keterampilan branding produk yang diharapkan dapat meningkatkan penghasilan para pelaku bisnis UMKM.

References

Arifin, R., Andriansyah, Syahputra, R. A., & Zubir, A. A. (2022). Factor Influencing Consumer’s Purchase Intention on E-Commerce in Indonesia During Pandemic Covid-19 Based on Gender Moderation. https://doi.org/10.2991/aer.k.220131.037

Darwanto. (2013). Peningkatan Daya Saing Umkm Berbasis Inovasi Dan Kreativitas (Strategi Penguatan Property Right Terhadap Inovasi Dan Kreativitas). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 20(2), 142–149.

Farisi, S., & Rasyid, M. I. (2022). Penerapan good manufacturing practices pada usaha sirup pala di kabupaten aceh selatan. Jurnal Sosial Teknologi, 2(5).

Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2023). Transformasi bisnis umkm sanfresh melalui digitalisasi bisnis pasca covid 19. IKRA-ITH ABDIMAS, 6(2), 9–15.

Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., Widyawati, S., & Lp3i Bandung1, P. (n.d.). Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/issue/archive

Hertina, D., Hendiarto, S., & Wijaya, J. H. (2021). DAMPAK COVID-19 BAGI UMKM DI INDONESIA PADA ERA NEW NORMAL. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 110. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8798

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi pengembangan digitalisasi umkm. Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed, 9(1).

Nastain, M. (2017). Branding dan eksistensi produk (kajian teoritik konsep branding dan tantangan eksistensi produk). CHANNEL, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 5, 14–26.

Qamari, I. N., Herawati, R., Handayani, S., Junaedi, F., & Jati, L. J. (2020). Digitalisasi bisnis kelompok umkm di desa poncosari, bantul, yogyakarta, indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Rahmawati, M. I., Ardini, L., Lestariningsih, M., & Shabrie, W. S. (2022). Digitaliasi umkm dengan penguatan e-commerce shopee pada umkm kecamatan wonokromo kota surabaya. Mujtama’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 35–42.

Saifulloh, M. (2021). Branding product pelaku usaha mikro kecil menengah kuningan barat jakarta selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 28–33.

Setiawan, M. F. A. (2022). Strategi komunikasi dinas perdagangan dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) di kabupaten aceh barat. JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 2(1).

Downloads

Published

2023-05-16

How to Cite

Syahputra, R. A., Ulhaq, R., Ridha, A. E., Widarta, F. O. ., Sofiyanurriyanti, S., & Kasmawati, K. (2023). DIGITALISASI BISNIS UMKM ACEH BARAT SELATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BRANDING . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2621–2526. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12969

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.