PENGOLAHAN VARIASI SINGKONG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA MAKAM AGUNG

Authors

  • Mohammad Fajar Fairuzi STKIP PGRI Bangkalan
  • Abd. Karim STKIP PGRI Bangkalan
  • Kholiyatul Uyuniyah STKIP PGRI Bangkalan
  • Lidiana Anggraini STKIP PGRI Bangkalan
  • Rica Wijayanti STKIP PGRI BANGKALAN

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12359

Keywords:

Singkong, Desa Makam Agung, KKN Tematik

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Makam Agung Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan melalui pengolahan variasi singkong yang menjadi salah satu hasil bumi di desa tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermula dari hasil temuan saat observasi yang kami lakukan bahwa di Desa Makam Agung banyak sekali singkong, namun sayangnya pengolahan singkong hanya berupa kripik saja yang dikemas secara tradisional sehingga belum menggerakkan sektor perekonomian secara maksimal. Oleh karena itu, melalui program pengabdian masyarakat yang dikemas dalam bentuk KKN Tematik ini kami melakukan inovasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa Makam Agung dengan cara pengolahan variasi singkong. Kami mengolah singkong menjadi sambal goreng dan sotong yang dikemas dan dipasarkan secara modern. Metode yang kami lakukan pada kegiatan pengabdian ini adalah dengan cara memberikan penyuluhan secara langsung cara pembuatan sambal goreng dan sotong kepada masyarakat dan membuatkan label serta pemasaran secara online. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah (1) adanya pengetahuan baru terhadap masyarakat tentang pengolahan variasi singkong; (2) adanya pengetahuan tentang proses pengemasan dan pemasaran yang modern; dan (3)adanya peningkatan perekonomian masayarakat desa Makam Agung.  Kegiatan ini merekomendasikan kepada masyarakat Desa Makam Agung khususnya untuk terus mengeksplorasi diri dalam hal melakukan inovasi-inovasi terhadap hasil bumi daerah yaitu singkong

References

Fatmala, A. F. (2020). Home Industry Sebagai Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Dalam Meningkatkan Financial Revenues Masyarakat. Al -Qalam, 109-128.

Laila, D. d. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Makanan Sebagai Peluang Pendapatan di Masa Panemdei Covid 19. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta, 169-177.

Novitasari, D. J. (2019). Analisis Masa Simpan Produk Sambal Tempoyak Berpotensi Sebagai Produk Oleh-Oleh Baru. jurnal Akademika Baiturrahman Jambi, 50-57.

Purbo Suwandono, D. H. (2021). Peningkatan Produktivitas Usaha Sambal Kemasan Bagi Usaha Kecil Menengah. Jurnal Aplikasi dan Iovasi Ipteks (SOLIDITAS), 92-100.

Sulmaartiwi, S. A. (2021). Proses Pengolahan Sotong (Sepia officinalis) Beku dengan Metode Contact Plate Freezing di PT. Karya Mina Putra, rembang, Jawa Tengah. Journal of Marine and Coastal Science, 99-104.

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Fairuzi, M. F. ., Karim, A. ., Uyuniyah, K. ., Anggraini, L. ., & Wijayanti, R. . (2023). PENGOLAHAN VARIASI SINGKONG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA MAKAM AGUNG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 597–602. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12359