PENGUATAN KOMPETENSI GURU DALAM PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR “E-KOMIK” DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12255Keywords:
Kompetensi Guru, Bahan Ajar, E-KomikAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian adalah memberikan wawasan serta meningkatkan profesionalisme guru di Kota Langsa dalam membuat bahan ajar yang menarik dan interaktif bagi siswa, terutama dalam membuat komik digital. Secara umum, kesulitan yang dialami oleh para guru dalam membuat komik digital adalah bagaimana membuat desain komiks ecara mudah dan menarik. Pada saartini di Kota Langsa guru-guru pada umumnya kesulitan menerapkan pendekatan, strategi, teknik, dan model pembelajaran serta mengembangkan media pembelajaran dan bahan ajar, khususnya dalam materi pendidikan politik. Kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar/dikte masih sangat rendah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Pertama, guru tidak memahami cara membuat dan mengembangkan bahan ajar. Kedua, masih kurangnya pelatihan pembuatan/pengembangan bahan ajar/dikte oleh instansi terkait. Ketiga, manfaat menjadi penulis tidak diketahui sebagai profesi alternatif selain sebagai tenaga pengajar oleh guru. Solusi masalah mitra antara lain a) Membuat pelatihan bagi guru SD untuk melakukan pengembangan bahan ajar berbasis digital dengan membuat E-Comics untuk siswa SD. b) Memberikan pendampingan kepada guru SD untuk melakukan pengembangan bahan ajar berbasis digital dengan membuat E-Comics untuk siswa SD. c) Pembuatan e-comic dalam mengoptimalkan kompetensi guru dalam membuat bahan ajar.References
Maharani R.H dkk, “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital dengan Canva for Education”, DINAMISA: Jurnal Pengabdian Masyarakat vol. 6, pp. 760-768,2022.
M. A. Riwanto and M. P. Wulandari, “Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi,” Pancar, vol. 2, no. 1, pp. 14–18, 2018,[Online].
Ratnasari, D. T., & Ginanjar, A. (2020). Pengembangan komik digital sebagai media edukasi penanggulangan bencana alam. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan efektivitas penggunaan media komik digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran tema selalu berhemat energi. Jurnal PANCAR, 2(1), 14–18.
Saputro, A. D. (2015). Aplikasi komik sebagai media pembelajaran. MUADDIB, 05(01), 1–19.
S. Perwitasari, Wahjoedi, and A. Sa’dun, “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 3, no. 3, pp. 278–285, 2018.
S. Octaviani, “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar,” EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 9, no. 2, p. 93, 2017, doi: 10.17509/eh.v9i2.7039.
W. A. Aeni and A. Yusupa, “Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk Sma,” J. Kwangsan, vol. 6, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.66.
W. N. Fajar, “Pelaksanaan Pendidikan Politik Di Sekolah Dalam Meningkatkan Kesadaran Politik
Styaningsih, H. A., Winarno,& Nuryadi, M. H. (2016). Pengaruh penggunaan media komik digital terhadap minat belajar PPKN siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan kasus pelanggaran dan upaya penegakan HAM. Jurnal Profesi Pendidik, 3(2), 129–140. http://ispijateng.org/wp-content/uploads/2017/02/Harum-Win-129-140.pdf
Sugiarti, D. Y. (2019). Pengelolaan profesionalisme guru. Genta Mulia, X(1), 106–111. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/250/0T
anjung, R. E., &Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteknika: Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
vDINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 6, No. 3Juni 2022, Hal. 760-768DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.10084P-ISSN 2614-7424 | E-ISSN 2614-8927768Pembelajaran, 4(1), 481–488. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.679Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). E
Downloads
Published
Versions
- 2023-02-12 (2)
- 2023-02-11 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asnawi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.