PENGUATAN KOMPETENSI GURU DALAM PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR “E-KOMIK” DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Asnawi Asnawi Universitas Samudra
  • Bunga Mulyahati Universitas Samudra
  • Ronald Fransyaigu Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12255

Keywords:

Kompetensi Guru, Bahan Ajar, E-Komik

Abstract

Tujuan kegiatan  pengabdian  adalah  memberikan  wawasan  serta  meningkatkan  profesionalisme guru  di  Kota Langsa dalam  membuat  bahan  ajar  yang  menarik  dan  interaktif  bagi  siswa,  terutama  dalam membuat  komik  digital. Secara umum, kesulitan  yang  dialami  oleh para  guru  dalam  membuat  komik  digital  adalah  bagaimana  membuat  desain  komiks ecara  mudah  dan menarik. Pada saartini di Kota Langsa guru-guru pada umumnya kesulitan menerapkan pendekatan, strategi, teknik, dan model pembelajaran serta mengembangkan media pembelajaran dan bahan ajar, khususnya dalam materi pendidikan politik. Kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar/dikte masih sangat rendah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Pertama, guru tidak memahami cara membuat dan mengembangkan bahan ajar. Kedua, masih kurangnya pelatihan pembuatan/pengembangan bahan ajar/dikte oleh instansi terkait. Ketiga, manfaat menjadi penulis tidak diketahui sebagai profesi alternatif selain sebagai tenaga pengajar oleh guru. Solusi masalah mitra antara lain a) Membuat pelatihan bagi guru SD untuk melakukan pengembangan bahan ajar berbasis digital dengan membuat E-Comics untuk siswa SD. b) Memberikan pendampingan kepada guru SD untuk melakukan pengembangan bahan ajar berbasis digital dengan membuat E-Comics untuk siswa SD. c) Pembuatan e-comic dalam mengoptimalkan kompetensi guru dalam membuat bahan ajar.

References

Maharani R.H dkk, “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital dengan Canva for Education”, DINAMISA: Jurnal Pengabdian Masyarakat vol. 6, pp. 760-768,2022.

M. A. Riwanto and M. P. Wulandari, “Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi,” Pancar, vol. 2, no. 1, pp. 14–18, 2018,[Online].

Ratnasari, D. T., & Ginanjar, A. (2020). Pengembangan komik digital sebagai media edukasi penanggulangan bencana alam. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan efektivitas penggunaan media komik digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran tema selalu berhemat energi. Jurnal PANCAR, 2(1), 14–18.

Saputro, A. D. (2015). Aplikasi komik sebagai media pembelajaran. MUADDIB, 05(01), 1–19.

S. Perwitasari, Wahjoedi, and A. Sa’dun, “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 3, no. 3, pp. 278–285, 2018.

S. Octaviani, “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar,” EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 9, no. 2, p. 93, 2017, doi: 10.17509/eh.v9i2.7039.

W. A. Aeni and A. Yusupa, “Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk Sma,” J. Kwangsan, vol. 6, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.66.

W. N. Fajar, “Pelaksanaan Pendidikan Politik Di Sekolah Dalam Meningkatkan Kesadaran Politik

Styaningsih, H. A., Winarno,& Nuryadi, M. H. (2016). Pengaruh penggunaan media komik digital terhadap minat belajar PPKN siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan kasus pelanggaran dan upaya penegakan HAM. Jurnal Profesi Pendidik, 3(2), 129–140. http://ispijateng.org/wp-content/uploads/2017/02/Harum-Win-129-140.pdf

Sugiarti, D. Y. (2019). Pengelolaan profesionalisme guru. Genta Mulia, X(1), 106–111. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/250/0T

anjung, R. E., &Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteknika: Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

vDINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 6, No. 3Juni 2022, Hal. 760-768DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.10084P-ISSN 2614-7424 | E-ISSN 2614-8927768Pembelajaran, 4(1), 481–488. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.679Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). E

Downloads

Published

2023-02-11 — Updated on 2023-02-12

Versions

How to Cite

Asnawi, A., Mulyahati, B. ., & Fransyaigu, R. . (2023). PENGUATAN KOMPETENSI GURU DALAM PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR “E-KOMIK” DI SEKOLAH DASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 407–412. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12255 (Original work published February 11, 2023)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.