Strategi Pemasaran Digital Pada Produk Pandai Besi Rumbio Jaya Steel Di Era Digitalisasi

Authors

  • Aryadi Aryadi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizqon Jamil Farhas Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Zulfan Efendi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rangga Ardinsyah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/care.v2i2.31647

Keywords:

bisnis digital, pemasaran, pandai besi

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan penjulan pengarin besi yang berada di daerah Desa Teratak, Kec. Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, Riau memanfaatkan media digital secara efektif untuk pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis mereka.Penggunaan teknologi digital dan internet telah mengubah lanskap bisnis secara drastis. Melalui platform-platform digital, pengrajin besi memiliki kesempatan untuk memperluas jangkauan pasar mereka jauh melampaui wilayah geografis lokal mereka. Namun, untuk dapat memanfaatkan potensi ini sepenuhnya, diperlukan strategi pemasaran digital yang tepat dan inovatif. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Focus Group Discussion (FGD) dengan para pengrajin pandai besi, pelaku usaha online, dan pakar pemasaran digital. dengan penyuluhan, presentasi dan diskusi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa: Program pengabdian kepada masyarakat tentang pelatihan pemasaran produk UMKM ini dapat diselenggarakan dengan baik dan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun, hasil dari pengabdian ini disimpulakan bahwa: Pertama, membeikan pemahaman seputar produk UMKM yang baik dan sesuai standar, Kedua, Ketercapaian tujuan program kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan dengan kolaborasi antara pemilik usaha dan pengabdi telah dilakukan semua dan sesuai dengan roundown acara maupun waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

References

Arjuna, S., Zarkasih, A., Nasution, S. L., Siregar, M. R., & Munthe, R. S. (2022). Strategi Pemasaran Produk Di Era Digital Pada UMKM. Comsep: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 159–164.

Agustina, Tri Siwi. (2015). Kewirausahaan: Teori dan Penerapan pada Wirausaha dan UKM Bandung.

Damayanti, C. (2015). Packaging The Brand. Modul Pelatihan. Rumah Kemasan

di di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Gitosudarmo, Indrianyo (2000). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE

Siagian. (2008). Manajemen Stratejik.

Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada PT. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(1), 144–151.

Suhilmiati, E., Yusroh, M., Fatimah, N., & Hidayah, N. (2022). Pendampingan UMKM Pandai Besi Melalui Digital Marketing Di Era Covid-19 Desa Tegalharjo Kecamatan Glenmore. Jurnal Pengabdian Kepapda Masyarakat, 5(1), 82–94.

Widiati, I. S., Purwidiantoro, M. H., & Lashwaty, N. D. (2024). Pemasaran Digital Industri Rumah Tangga Pandai BesiDi Desa Segaran. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 187–199.

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Aryadi, A., Farhas, R. J. ., Efendi, Z. ., & Ardinsyah, R. (2024). Strategi Pemasaran Digital Pada Produk Pandai Besi Rumbio Jaya Steel Di Era Digitalisasi . CARE: Journal Pengabdian Multi Disiplin, 2(2), 101–108. https://doi.org/10.31004/care.v2i2.31647

Issue

Section

Articles