Pendampingan Pembuatan Pupuk Organik Berbahan Kotoran Ayam KUB di Desa Laboy Jaya

Authors

  • Yusuf Mahlil Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Putri Zulia Jati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Maulina Novita Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Dedi Ramdani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Febi Andreawan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Febri Kurniawan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/care.v2i1.21054

Keywords:

kotoran ayam KUB, pupuk organik, pengolahan

Abstract

Pendampingan pembuatan pupuk organik dari kotoran ayam kub di Desa Laboy Jaya menjadi solusi yang relevan. Pupuk organik bukan hanya alternatif yang ramah lingkungan, tetapi juga dapat membantu petani mengurangi beban biaya produksi mereka. Dengan memanfaatkan kotoran ayam kub sebagai bahan baku pupuk organik, petani dapat memproduksi pupuk secara mandiri dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan pembelian pupuk kimia. Kotoran ayam merupakan salah satu kotoran hewan yang sangat berpotensi di jadikan sebagai pupuk organik karena mengandung unsur hara yang tinggi. Untuk populasi ternak 10.000 ekor ayam akan menghasilkan kotoran ayam mencapai ± 800 kg perminggunya. Permasalahannya kotoran ayam ini belum terkelola dengan baik, dikarenakan tidak adanya ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengolah kotoran ayam tersebut menjadi pupuk organik yang bermutu, sehingga menjadi salah satu peluang usaha untuk meningkatkan pendapatan di masyarakat. Untuk mendorong hal tersebut maka di lakukanlah suatu upaya melalui penyuluhan kepada masyarakat di Desa Laboy Jaya, sehingga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan yang dapat mereka aplikasikan nantinya, sehingga dapat juga meningkatkan ekonomi dan pendapatan atau pun jikalau ada masyarakat tersebut yang ingin berwirausaha. Dengan melakukan penyuluhan ini narasumber berharap petani tidak lagi mengalami kesulitan untuk mendapatkan pupuk organik yang bermutu dengan harga yang terjangkau.

References

Alex A2 – GoGreen Channel. Pembuatan Mol Nasi Dari Nasi Basi. Youtube. Di Akses pada 12 Desember 2022.

Alex A2 – GoGreen Channel. Pembuatan Molases atau Tetes Tebu Mudah dan Gampang. Youtube. Di Akses pada 12 Desember 2022.

Alex A2 – GoGreen Channel. Pembuatan Pupuk Organik Fermentasi Dengan Mol Nasi dan Molase. Youtube. Di Akses pada 12 Desember 2022.

Badan Litbang Pertanian. (2008). Manfaat Pupuk Organik.

Badan Litbang Pertanian. (2009). Pupuk Organik, Cara Membuat Pupuk Organik.

Badan Pusat Statistik. (2009). Pupuk Organik, Pengelolaan Pupuk Organik untuk Pertanian.

Departemen Pertanian. (2009). Pembuatan Pupuk Organik, Prosedur Pembuatan Pupuk Organik.

Departemen Pertanian. (2009). Pupuk Organik, Panduan Pembuatan dan Penggunaannya.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2009). Pupuk Organik, Pedoman Teknis Penggunaan Pupuk Organik.

LIPI. (2006). Pupuk Organik, Manual Praktis Penggunaan Pupuk Organik.

Ritonga, M.N., Aisyah, S., Rambe, M. J., Rambe, S., dan Wahyuni, S. (2022). Pengolahan Kotoran Ayam KUB Menjadi Pupuk Organik Ramah Lingkungan. Jurnal Adam IPTS. Vol. 1(2):137-141.

Walida, H., Harahap, D. E., dan Zuhirsyan, M. (2020). Pemberian Pupuk Kotoran Ayam KUB Dalam Upaya Rehabilitasi Tanah Ultisol Desa Janji Yang Terdegradasi. Jurnal Agrica Ekstensia. Vol. 14 (1): 75-80.

Downloads

Published

2024-01-15

Issue

Section

Articles