Peningkatakan Wawasan Parenting Dalam Mendidik Anak Bagi Masyarat Desa Tawangargo Kabupaten Malang

Authors

  • Kienna Candra Sasmitandia UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Faridatus Suhadak Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Aqidatul Izzah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Uswatun khasanah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Wahyu Febri Ramadhan Sudirman Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Putri Maslahatul Maziyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nila Saadah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/care.v2i1.16141

Keywords:

parenting, masyarakat, desa tawangargo, pendidikan anak

Abstract

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan parenting dan kepedulian terhadap pendidikan bagi masyarakat di Desa Tawangargo, Kabupaten Malang. Pendekatan partisipatif digunakan dalam pelaksanaan kegiatan, melibatkan peserta dalam  bentuk penyuluhan. Sebelum melaksanakan penyluhan tim pelaksana pengabdian berdiskusi terlebih dahulu dengan tokoh masyarakat di sana untuk menyusun materi yang paling tepat berdasarkan kebutuhan masyarkat yang ada di Desa Tawangargo, sehingga daptlah tema yaitu penigkatan wawasan parenting dan kepedulian terhadap pendidikan di masyarakat Desa Tawangargo. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan terjadi peningkatan wawasan parenting dan kepedulian terhadap pendidikan. Masyarakat menjadi lebih peduli dengan pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak serta urgensi pendidikan dalam meningkatkan kualitas hidup. Peningkatan wawasan parenting dan kepedulian terhadap pendidikan ini memberikan dampak positif dalam hubungan orang tua dan anak, serta membantu meningkatkan keterampilan orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak-anak mereka. Selain itu, masyarakat juga menjadi lebih sadar akan pentingnya pendidikan formal dan non-formal dalam mempersiapkan masa depan anak-anak mereka. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesadaran parenting di daerah tersebut, serta menjadi dasar untuk pengembangan kegiatan serupa di daerah lain.

References

Aprilia, C. A., Shofia, N. A., & Sari, W. N. (2021). Pentingnya Kontribusi Orang Tua Terhadap Lembaga Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(1), 20–30. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/J-CEKI/article/view/15%0Ahttp://ulilalbabinstitute.com/index.php/J-CEKI/article/download/15/20

Arifin, S., & Ach. Syaiful. (2020). Urgensi Parenting Education Berbasis e-Learning di Era Digital. Jurnal Kariman, 8(1), 41–54. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i1.136

Fakhruddin, A. (2014). Dalam Konteks Pendidikan Persekolahan. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 12(1), 79–96.

Laksana, S. D. (2014). Urgensi Pendidikan Karakter Di Sekolah. MUADDIB: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(1), 167–184. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/19

Roshonah, A. F. (2019). Urgensi Program Pelatihan Parenting dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Orangtua dengan Anak. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 121–145. https://doi.org/10.1177/1049731509360976

Downloads

Published

2023-11-11

Issue

Section

Articles