Kelas Kita: Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak di Desa Ngrance Pakel Tulungagung

Authors

  • Agil Handayani Universitas Negeri Malang
  • Dyah Hayu Rosyidah Institut Teknologi Sepuluh November

DOI:

https://doi.org/10.31004/care.v2i1.14981

Keywords:

kelas kita, pembelajaran, bahasa inggris

Abstract

Kelas Kita adalah platform yang memberikan kesempatan kepada anak-anak di Desa Ngrance, Kabupaten Tulungagung dan sekitarnya untuk belajar Bahasa Inggris secara gratis dengan tujuan menyiapkan generasi muda agar mempunyai kompetensi unggul dan mampu bersaing secara global sesuai dengan Visi Indonesia 2045. Dibuka sejak bulan Maret tahun 2021 Kelas Kita tercatat mempunyai 45 orang murid aktif yang terbagi dalam 4 (empat) kelompok belajar, yaitu Little Butterfly, Butterfly, Little Star, dan Highest Star dengan rentang usia peserta 5 sampai 12 tahun. Kelas Kita dibimbing oleh 5 (lima) volunteer. Pembelajaran Kelas Kita mengusung metode quantum learning untuk memaksimalkan keaktifan peserta dalam proses belajar, membangun suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan, mendorong proses belajar dua arah antara peserta dan mentor sehingga memudahkan peserta untuk memahami dan mempraktekan empat keterampilan dasar Bahasa Inggris; reading, writing, speaking, listening. Evaluasi dilaksanakan setelah peserta menyelesaikan modul belajar atau setiap 4 bulan. Hasil evaluasi pada Desember 2022 menunjukan keterampilan speaking, reading dan listening peserta meningkat setelah mengikuti program, namun keterampilan writing masih perlu dikembangkan. Pengembangan metode belajar perlu dilakukan untuk mengoptimalkan capaian program.

References

Aan Widiyono. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 183–193.

BPS Kabupaten Tulungagung. (2022). Kabupaten Tulungagung dalam Angka 2022 (1st ed., Vol. 1). CV. Azka Putra Pratama.

Idrus L. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.

Mardi Fitri. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(2), 40–51.

Rahmawati, E. Y., Nurrahmah, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Eva Yuni Rahmawati) | 395 2020 Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat; e-ISSN: 2686-2964 Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada. 395–400.

Sukmawati, H. B. P. U. (2022). Pendampingan Siswa dalam Melatih kemampuan Bahasa Inggris Berbasis Languange Focused Learning di SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 6(1), 112–120.

Downloads

Published

2023-11-15

Issue

Section

Articles