Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Program Linier Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Tualang Tahun 2021

Authors

  • Lismasari Lismasari SMA NEGERI 3 Tualang

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7366

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika  Kelas X MIPA 1  SMA Negeri 3 Tualang  dengan menggunakan media pembelajaran Interaktif.  Bagi siswa; Memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika Materi Nilai Mutlak Kelas X  MIPA 1 , meningkatkan keaktifan belajar siswa dan motivasi belajar, sehingga meningkatnya hasil belajar siswa. Bagi guru; Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam pembelajaran, dapat memperbaiki kualitas pembelajaran yang dikelola karena dengan adanya media pembelajaran yang diterapkan. Bagi sekolah; Meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan kualitas guru dan hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, pada siklus pertama dilakukan tindakan mengacu kepada moteda ceramah dan penugasan, pembelajaran selanjutnya pada siklus kedua dilakukan tindakan berdasarkan hasil refleksi dari siklus pertama. Ada empat tahapan yang dilakukan dalam penelitian tindakan yaitu persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif dalam  pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini sehingga hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima. Dengan kata lain bahwa penerapan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Materi Program Linear siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Tualang. Sebaiknya  guru menerapkan media pembelajaran interaktif  dalam  pembelajaran program linear ini disebabkan media ini dapat mengatasi kebosanan siswa  dalam proses belajar mengajar. Kepada peneliti selanjutnya hendaklah mencoba mengunakan media pembelajaran ini pada matapelajaran yang lain, selain mata pelajaran Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-09

How to Cite

Lismasari, L. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Program Linier Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Tualang Tahun 2021. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7366