Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Program Linier Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Tualang Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7366Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Tualang dengan menggunakan media pembelajaran Interaktif. Bagi siswa; Memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika Materi Nilai Mutlak Kelas X MIPA 1 , meningkatkan keaktifan belajar siswa dan motivasi belajar, sehingga meningkatnya hasil belajar siswa. Bagi guru; Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam pembelajaran, dapat memperbaiki kualitas pembelajaran yang dikelola karena dengan adanya media pembelajaran yang diterapkan. Bagi sekolah; Meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan kualitas guru dan hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, pada siklus pertama dilakukan tindakan mengacu kepada moteda ceramah dan penugasan, pembelajaran selanjutnya pada siklus kedua dilakukan tindakan berdasarkan hasil refleksi dari siklus pertama. Ada empat tahapan yang dilakukan dalam penelitian tindakan yaitu persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini sehingga hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima. Dengan kata lain bahwa penerapan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Materi Program Linear siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Tualang. Sebaiknya guru menerapkan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran program linear ini disebabkan media ini dapat mengatasi kebosanan siswa dalam proses belajar mengajar. Kepada peneliti selanjutnya hendaklah mencoba mengunakan media pembelajaran ini pada matapelajaran yang lain, selain mata pelajaran Matematika.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-10-09
How to Cite
Lismasari, L. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Program Linier Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Tualang Tahun 2021. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7366
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lismasari Lismasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).