Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Kelas IX 1 SMPN 3 Pekanbaru Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4830Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer lessons. Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas IX 1 SMP Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini diterapkan di SMP Negeri 3 Pekanbaru, di Kelas IX 1, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun 2022 pada semester genap. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX 1 sebanyak 39 orang siswa. Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indicator motivasi belajardan hasil belajar. Hasil penelitian pada bab-bab yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas IX 1 SMP Negeri 3 Pekanbaru, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada pokok bahasan Akikah dan Kurban Menumbuhkan kepedulian umat. Setelah dilakukan tidakan pada siklus I motivasi dan hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 53,33 % siswa mencapai nilai KKM dan setelah tindakan pada siklus II ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa menjadi 92,31 % telah mencapai nilai KKM.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-04-30
How to Cite
Nurazmi, N. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Kelas IX 1 SMPN 3 Pekanbaru Tahun 2022. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1). https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4830
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Nurazmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).