Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Materi Enzim dan Metabolisme Sel Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas XII Mia SMAN 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4579Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII MIA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022 pada mata pelajaran Biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan proses pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas kelas XII MIA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 10 siswa terdiri dari laki-laki sebanyak 5 siswa dan perempuan sebanyak 5 siswa. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, teknik tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini buktikan dari hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar pada setiap siklusnya, dimana pada kondisi awal hanya ada 3 siswa atau 30,00% meningkat menjadi 7 siswa atau 70,00% dan 10 siswa atau 100% pada siklus terakhir. Penjelasan peningkatan hasil dan ketuntasan belajar juga meningkat pada setiap siklusnya dari 59,00 menjadi 68,75 dan 74,00 pada siklus kedua. Hal tersebut juga dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal dimana pada kondisi awal hanya terdapat 3 siswa atau 30,00% meningkat menjadi 60% atau 6 siswa dan 9 siswa atau 90,00% pada siklus kedua. Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII MIA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-04-30
How to Cite
Hastuti, W. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Materi Enzim dan Metabolisme Sel Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas XII Mia SMAN 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 696–702. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4579
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Widi Hastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).