Implementasi Model Pembelajaran Discovery Based Learning Berbasis VR Makam Syekh Burhanuddin Pada Pembelajaran Sejarah Guna Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Kampar Kiri Tengah
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4572Abstract
Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pada kurikulum 2013 Permendikbud No 13 pasal 2 tahun 2014 menyatakan bahwa pembelajaran dilaksanakan berbasis aktivitas atau siswa harus bersifat aktif dengan karakteristik: 1) interaktif dan inspiratif, 2) menyenangkan dan memotivasi, 3) kontekstual dan kolaboratif, 4) memberikan ruang yang cukup untuk berkreativitas, dan 5) sesuai dengan bakat dan minat. Banyaknya kesenjangan ataupun kekurangan dalam kegiatan pembelajaran sejarah sehingga kurang maksimal dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Terdapat permasalahan pembelajaran secara umum seperti berikut: (1) masih banyak pendidik yang menggunakan paradigma konvensional, yaitu pendidik sebgai pembicara dan siswa sebagai pendengar. (2) pendidik hanya terpacu pada buku teks, (3) rendahnya tingkat imajinasi. Hal ini disebabkan pendidik hanya terfokus hanya pada tujuan pembelajaran secara kognitif sedangkan kemampuan secara psikomotorik kurang di perhatikan. Penggunaan VR memberikan sensasi yang berbeda dari pada dinikmati oleh layar monitor. Tidak hanya perkembangan games dengan VR memberikan konten yang mencoba mensimulaskan rangsangan kepada indera kita. Format penyajian berupa film pendek yang dikemas dengan teknologi VR ini juga memberikan tatacara yang diakomodasikan dengan interaktivitas yang seolah-olah membawa dan mengahnyutkan kita kedalam dunia virtual yang dibawakan. Discovery based learning merupakan pembelajaran berbasis penemuan (inquiry-based), konstruktif dan teori bagaimana belajar. Model pembelajaran yang diberikan kepada siswa memiliki skenario pembelajaran untuk memecahkan masalah yang nyata dan mendorong mereka untuk memecahkan masalah mereka sendiri. Dalam memecahkan masalah mereka, karena ini bersifat konstruktif, para siswa menggunakan pengalaman mereka terdahulu dan memecahkan masalah. Kegiatan mereka lakukan dengan berinteraksi untuk menggali, mempertanyakan selama bereksperimen dengan teknik.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-06-07
How to Cite
Rahmawati, N. I., Isjoni, I. ., & Ahmal, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Based Learning Berbasis VR Makam Syekh Burhanuddin Pada Pembelajaran Sejarah Guna Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Kampar Kiri Tengah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 690–695. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4572
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nur Intan Rahmawati, Isjoni Isjoni, Ahmal Ahmal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).