Upaya Meningkatan Keterampilan Guru Membuat Lks BDR Melalui Kegiatan IHT Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Di SD Negeri 15 Tanjung Bunga Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4569Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan guru dalam membuat LKS BDR di SD Negeri 15 Tanjung Bunga. Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan guru dalam membuat LKS BDR melalui pelaksanaan kegiatan IHT. Subjek penelitian adalah 12 guru di SD Negeri 15 Tanjung Bunga. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dalam tiap siklusnya. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif komparatif. Hasil penilaian observasi kegiatan diskusi menunjukkan bahwa pada kondisi awal perolehan nilai menunjukkan angka 47,08 dalam kriteria KURANG, meningkat menjadi 69,38 dalam kriteria CUKUP pada siklus pertama dan 90,83 dalam kriteria SANGAT BAIK pada akhir siklus kedua. Penjelasan mengenai peningkatan keterampilan guru dalam membuat LKPD pada kondisi awal sebesar 50,38 dan hanya masuk dalam kualifikasi KURANG, dan pada pelaksanaan siklus pertama menunjukkan hasil angka nilai rata-rata 69,98 dalam kualifikasi C atau CUKUP dan pada akhir siklus kedua meningkat menjadi 84,85 dalam kualifikasi nilai BAIK. Dari segi peningkatan keterampilan guru dalam pembuatan LPKD BDR secara individual menunjukkan peningkatan, karena pada siklus pertama ada 7 guru 58,33% yang memenuhi kriteria keberhasilan yaitu masuk dalam kategori BAIK, pada siklus kedua semua guru dinyatakan meningkat keterampilannya dalam membuat LKS BDR, karena dari 12 guru terdapat 7 guru atau 58,33% yang memenuhi kriteria keberhasilan yaitu masuk dalam kategori AMAT BAIK dan 5 guru atau 41,67% dalam kriteria nilai BAIK. Melihat data perolehan hasil penelitian dalam kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa IHT yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap 12 guru di SD Negeri 15 Tanjung Bunga dinyatakan BERHASIL meningkatkan meningkatkan keterampilan guru dalam membuat LKS BDRDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-04-28
How to Cite
Mukhtar, M. (2022). Upaya Meningkatan Keterampilan Guru Membuat Lks BDR Melalui Kegiatan IHT Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Di SD Negeri 15 Tanjung Bunga Tahun Pelajaran 2020/2021. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 711–717. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4569
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Mukhtar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).