Upaya Meningkatkan Minat Belajar Praktek Dasar-Dasar Elektronika melalui Model Pembelajaran Project Base Learning pada Siswa kelas X Teknik Audio Video

Authors

  • Mohammad Yani Saksianto SMK NEGERI 1 Minas

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4568

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based learning di kelas  Teknik Audi Video SMK Negeri 1 Minas.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Juni  2021.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Minas berjumlah 10 orang, terdiri atas 10 laki-laki.Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar yang di nilai  berdasarkan indikator minat belajar konsep dasar-dasar elektronika. Adapun ketuntasan hasil belajar siswa yaitu dengan membandingkan skor dasar dengan Ulangan Harian I dan Ulangan Harian II pada materi dasar elektronika. Setelah diadakan penelitian dengan dua siklus, penerapan model pembelajaran Project Based learning dapat meningkatkan minat belajar teknim audio video dimana pada akhir tindakan siklus I terdapat 6 siswa yang tuntasatau 68,42% dengan rata-rata hasil belajar siswa atau pemahaman siswa 69,08, kemudian meningkat pada ulangan harian II  dengan jumlah yang tuntas 8 siswa atau 84,21% dengan rata-rata hasil belajar siswa atau pemahaman konsep meningkat menjadi 82,89 pada akhir tindakan siklus II.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan pemahaman cara kerja dasar-dasar elektronika siswa kelas X teknik audio Video SMK Negeri I Minas .

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Saksianto, M. Y. . (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Praktek Dasar-Dasar Elektronika melalui Model Pembelajaran Project Base Learning pada Siswa kelas X Teknik Audio Video . Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 725–730. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4568