Upaya Meningkatkan Minat Belajar Praktek Dasar-Dasar Elektronika melalui Model Pembelajaran Project Base Learning pada Siswa kelas X Teknik Audio Video
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4568Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based learning di kelas Teknik Audi Video SMK Negeri 1 Minas.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Juni 2021.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Minas berjumlah 10 orang, terdiri atas 10 laki-laki.Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar yang di nilai berdasarkan indikator minat belajar konsep dasar-dasar elektronika. Adapun ketuntasan hasil belajar siswa yaitu dengan membandingkan skor dasar dengan Ulangan Harian I dan Ulangan Harian II pada materi dasar elektronika. Setelah diadakan penelitian dengan dua siklus, penerapan model pembelajaran Project Based learning dapat meningkatkan minat belajar teknim audio video dimana pada akhir tindakan siklus I terdapat 6 siswa yang tuntasatau 68,42% dengan rata-rata hasil belajar siswa atau pemahaman siswa 69,08, kemudian meningkat pada ulangan harian II dengan jumlah yang tuntas 8 siswa atau 84,21% dengan rata-rata hasil belajar siswa atau pemahaman konsep meningkat menjadi 82,89 pada akhir tindakan siklus II.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan pemahaman cara kerja dasar-dasar elektronika siswa kelas X teknik audio Video SMK Negeri I Minas .Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-04-30
How to Cite
Saksianto, M. Y. . (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Praktek Dasar-Dasar Elektronika melalui Model Pembelajaran Project Base Learning pada Siswa kelas X Teknik Audio Video . Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 725–730. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4568
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Mohammad Yani Saksianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).