Penerapan Teknik Pemodelan Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XII SMAN 1 Tebing Tinggi Dalam Menulis Teks Berbentuk Eksplanation Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4566Abstract
Kemampuan menulis teks berbentuk explanation yang rendah menjadi permasalahan tersendiri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengatasinya diperlukan strategi yang tepat, salah satunya dengan penerapan teknik pemodelan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Upaya Peningkatan menulis teks berbentuk explanation Melalui Penerapan Teknik Pemodelan pada Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas khususnya menulis teks berbentuk explanation dengan menggunakan teknik pemodelan akan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPA SMAN 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 21 orang. Data kemampuan berpidato siswa diambil melalui tes lisan berpidato. Berdasarkan analisis data pembelajaran sebelumnya membuktikan bahwa penerapan teknik pemodelan telah memberikan efek peningkatan pada hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase ketuntasan siswa dari siklus I hingga siklus II yaitu siklus I pra siklus nilai rata-rata pra siklus nilai rata-rata 48,21 dan hanya ada 3 siswa atau 14,29% siswa yang dinyatakan tuntas karena memperoleh nilai minimal 70 sesuai dengan KKM. Pada siklus pertama setelah pembelajaran dilakukan dengan menerapkan metode pemodelan, hasil belajar meningkat menjadi 11 siswa atau 52,38% dengan nilai rata-rata sebesar 67,86. Pada siklus kedua dengan menerapkan metode pemodelan hasil belajar meningkat menjadi rata-rata 82,14 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 100%. Hasil ini telah mencapai persentase target keberhasilan yang telah ditentukan oleh peneliti sebelum penelitian dilakukan yaitu 85% dan nilai rata-rata minimal 70. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar menulis teks berbentuk explanation siswa XII IPS SMAN 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-04-30
How to Cite
Delsa, D. (2022). Penerapan Teknik Pemodelan Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XII SMAN 1 Tebing Tinggi Dalam Menulis Teks Berbentuk Eksplanation Tahun Pelajaran 2021/2022. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 718–724. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4566
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Delsa Delsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).