Peningkatan Minat Belajar Masa Pandemi Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Mata Pelajaran Matematika Kelas XI TKJ SMK Negeri 4 Pekanbaru

Authors

  • Delna Fitri Tamsin SMKN 4 Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4248

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi pada mata pelajaran matematika, google meet sebagai model pembelajaran blended learning di kelas XI TKJ  SMK Negeri 4 Pekanbaru..Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2021.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 4 Pekanbaru yang berjumlah 38 orang, terdiri atas 19 laki-laki dan 19 perempuan.Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar yang di nilai  berdasarkan indikator minat belajar vektor. Adapun ketuntasan hasil belajar siswa yaitu dengan membandingkan skor dasar dengan Ulangan Harian I dan Ulangan Harian II pada materi pokok vektor. Setelah diadakan penelitian dengan dua siklus, penerapan model pembelajaran blended learning dapat meningkatkan minat belajar matematika dimana pada akhir tindakan siklus I terdapat 20 siswa yang tuntas atau 68,42% dengan rata-rata hasil belajar siswa atau pemahaman siswa 69,08, kemudian meningkat pada ulangan harian II  dengan jumlah yang tuntas 29 siswa atau 84,21% dengan rata-rata hasil belajar siswa atau pemahaman konsep meningkat menjadi 82,89 pada akhir tindakan siklus II.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan pemahaman vektor dengan google meet sebagai media diskusi siswa kelas XI TKJ  SMK Negeri 4 Pekanbaru pada materi vektor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-25

How to Cite

Fitri Tamsin , D. (2022). Peningkatan Minat Belajar Masa Pandemi Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Mata Pelajaran Matematika Kelas XI TKJ SMK Negeri 4 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 592–596. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4248