Peningkatan Minat Belajar Masa Pandemi Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Mata Pelajaran Matematika Kelas XI TKJ SMK Negeri 4 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4248Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi pada mata pelajaran matematika, google meet sebagai model pembelajaran blended learning di kelas XI TKJ SMK Negeri 4 Pekanbaru..Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2021.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 4 Pekanbaru yang berjumlah 38 orang, terdiri atas 19 laki-laki dan 19 perempuan.Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar yang di nilai berdasarkan indikator minat belajar vektor. Adapun ketuntasan hasil belajar siswa yaitu dengan membandingkan skor dasar dengan Ulangan Harian I dan Ulangan Harian II pada materi pokok vektor. Setelah diadakan penelitian dengan dua siklus, penerapan model pembelajaran blended learning dapat meningkatkan minat belajar matematika dimana pada akhir tindakan siklus I terdapat 20 siswa yang tuntas atau 68,42% dengan rata-rata hasil belajar siswa atau pemahaman siswa 69,08, kemudian meningkat pada ulangan harian II dengan jumlah yang tuntas 29 siswa atau 84,21% dengan rata-rata hasil belajar siswa atau pemahaman konsep meningkat menjadi 82,89 pada akhir tindakan siklus II.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan pemahaman vektor dengan google meet sebagai media diskusi siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 4 Pekanbaru pada materi vektor.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-04-25
How to Cite
Fitri Tamsin , D. (2022). Peningkatan Minat Belajar Masa Pandemi Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Mata Pelajaran Matematika Kelas XI TKJ SMK Negeri 4 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 592–596. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4248
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Delna Fitri Tamsin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).