Implementasi Pembelajaran Ekapositori Guna Meningkatkan Pemahaman Teori Evolusi Mata Pelajaran Biologi Kelas XII MAN Tembilahan Tahun Pelajaran 2018/ 2019
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4247Abstract
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Apakah Ekspositori berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi ? (b) Bagaimanakah pengaruh Ekspositori terhadap motivasi belajar siswa?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Ekspositori terhadap hasil belajar Biologi. (b) Untuk mengungkap Ekspositori terhadap motivasi belajar Biologi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII MAN Tembilahan Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (62%), siklus II (80%), siklus III (93%). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Ekspositori dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa kelas XII MAN Tembilahan. serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Biologi .Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-04-25
How to Cite
Yusneti, Y. (2022). Implementasi Pembelajaran Ekapositori Guna Meningkatkan Pemahaman Teori Evolusi Mata Pelajaran Biologi Kelas XII MAN Tembilahan Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 597–600. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4247
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Yusneti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).