Implementasi Pembelajaran Ekapositori Guna Meningkatkan Pemahaman Teori Evolusi Mata Pelajaran Biologi Kelas XII MAN Tembilahan Tahun Pelajaran 2018/ 2019

Authors

  • Yusneti Yusneti MAN Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4247

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Apakah Ekspositori berpengaruh terhadap hasil belajar  Biologi ? (b) Bagaimanakah pengaruh Ekspositori terhadap motivasi belajar siswa?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Ekspositori terhadap hasil belajar  Biologi. (b) Untuk mengungkap Ekspositori terhadap motivasi belajar  Biologi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII MAN Tembilahan Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (62%), siklus II (80%), siklus III (93%). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Ekspositori dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa kelas XII MAN Tembilahan. serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran  Biologi .  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-25

How to Cite

Yusneti, Y. (2022). Implementasi Pembelajaran Ekapositori Guna Meningkatkan Pemahaman Teori Evolusi Mata Pelajaran Biologi Kelas XII MAN Tembilahan Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 597–600. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4247