Implementasi Discovery Research Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Kelas XII MAN Tembilahan Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Syafarudin Syafarudin MAN Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4246

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Metode Discovery Reasearch  berpengaruh terhadap hasil belajar    Bahasa Inggris? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran    Bahasa Inggris    dengan diterapkannya metode Pembelajaran Metode Discovery Reasearch ?Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Metode Discovery Reasearch  terhadap hasil belajar    Bahasa Inggris  . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Bahasa Inggris setelah diterapkannya Pembelajaran Metode Discovery Reasearch. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami  peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (67.6%,), siklus II (80%), siklus III (90%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode  Metode Discovery Reasearch  dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XII IPA., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative  Bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-25

How to Cite

Syafarudin, S. (2022). Implementasi Discovery Research Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Kelas XII MAN Tembilahan Tahun Pelajaran 2017/2018. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 601–604. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4246