Meningkatkan Hasil Belajar Pengoperasian Mesin Bubut Siswa Kelas XI Teknik Mesin Menggunakan Platform Edmodo SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2020
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4245Abstract
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran menggunakan platform edmodo berpengaruh terhadap hasil belajar pengoperasian mesin bubut ?(b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran pengoperasian mesin bubut dengan diterapkannya platform edmodo ? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran menggunakan platform edmodo terhadap hasil belajar pengoperasian mesin bubut. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran produktif teknik mesin setelah diterapkannya Pembelajaran menggunakan platform edmodo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (3.8), siklus II (4.1) Simpulan dari penelitian ini adalah metode platform edmodo dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa Kelas XI, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative teori produktif teknik mesin .Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-04-25
How to Cite
Effendy, R. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pengoperasian Mesin Bubut Siswa Kelas XI Teknik Mesin Menggunakan Platform Edmodo SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2020. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 605–609. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4245
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Rizon Effendy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).