Meningkatkan Hasil Belajar Pengoperasian Mesin Bubut Siswa Kelas XI Teknik Mesin Menggunakan Platform Edmodo SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2020

Authors

  • Rizon Effendy SMK Negeri 5 Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4245

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran menggunakan platform edmodo   berpengaruh terhadap hasil belajar pengoperasian mesin bubut ?(b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran pengoperasian mesin bubut dengan diterapkannya platform edmodo  ? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran menggunakan platform edmodo terhadap hasil belajar pengoperasian mesin bubut. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran produktif teknik mesin setelah diterapkannya Pembelajaran menggunakan platform edmodo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami  peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (3.8), siklus II (4.1) Simpulan dari penelitian ini adalah metode  platform edmodo   dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa Kelas XI, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative  teori produktif teknik mesin .

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-25

How to Cite

Effendy, R. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pengoperasian Mesin Bubut Siswa Kelas XI Teknik Mesin Menggunakan Platform Edmodo SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2020. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 605–609. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4245