Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project Meningkatkan Pemahaman Limit Fungsi Mata Pelajaran Matematika Kelas XII MAN Kuala Enok Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4243Abstract
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran model permainan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran matematika dengan diterapkannya metode Pembelajaran model Missouri Mathematics Project? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran model permainan terhadap hasil belajar matematika . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran matematika setelah diterapkannya Pembelajaran model Missouri Mathematics Project. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI Data yang diperoleh berupa hasil tes Formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (61%), siklus II (81%), siklus III (91%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Missouri Mathematics Project dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XI, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative matematika.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-05-17
How to Cite
Pitrianis, P. (2022). Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project Meningkatkan Pemahaman Limit Fungsi Mata Pelajaran Matematika Kelas XII MAN Kuala Enok Tahun Pelajaran 2018/2019. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 610–614. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4243
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Pitrianis Pitrianis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).