Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project Meningkatkan Pemahaman Limit Fungsi Mata Pelajaran Matematika Kelas XII MAN Kuala Enok Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Pitrianis Pitrianis MAN Kuala Enok

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4243

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran model permainan berpengaruh terhadap hasil belajar  matematika? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran   matematika    dengan diterapkannya metode Pembelajaran model Missouri Mathematics Project? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran model permainan   terhadap hasil belajar   matematika . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran   matematika setelah diterapkannya Pembelajaran model Missouri Mathematics Project.  Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa  Kelas XI  Data yang diperoleh berupa hasil tes Formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (61%), siklus II (81%), siklus III (91%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Missouri Mathematics Project  dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XI, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative   matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-17

How to Cite

Pitrianis, P. (2022). Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project Meningkatkan Pemahaman Limit Fungsi Mata Pelajaran Matematika Kelas XII MAN Kuala Enok Tahun Pelajaran 2018/2019. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 610–614. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4243