Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Manfaat Keanekaragaman Hayati Mata Pelajaran Biologi Melalui Pendekatan Inkuiri Kelas X MAN Tembilahan Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4242Abstract
Untuk mencapai kualitas pembelajaran yang baik, maka keterampilan dan engetahuan guru dalam proses pembelajaran sangat penting dan harus selalu ditingkatkan. Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu keterampilan merencanakan pembelajaran, pelaksananaan dan cara mengevaluasi yang baik dan benar. Guru tiak harus selalu berpedoman pada kurikulum yang ada, tetapi sebagai guru yang baik harus mampu mengembangkannya agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dan siswa mampu mencapai Standar Kelulusan Minimum (SKM) yang telah ditentukan oleh pemerintah. Terkait dengan upaya peningkatan kualitas pembelajaran, pendekatan yang selama ini digunakan harus dirubah. Yaitu pendekatan yang sebelumnya berorientasi pada guru, harus dirubah menjadi pendekatan yang berorientasi pada siswa. Hal ini bertujuan agar siswa lebih aktif dan tidak hanya menjadi pendengar. Dengan menggunakan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran gerak benda, diharapkan siswa mampu mencari sendiri pengetahuan dari pada memperoleh pengetahuan. Serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (79,01%), siklus III (86,36%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode belajar aktif model memberikan pertanyaan mendapatkan jawaban dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa MAN Tembilahan, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Biologi.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-05-17
How to Cite
Mispawati, M. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Manfaat Keanekaragaman Hayati Mata Pelajaran Biologi Melalui Pendekatan Inkuiri Kelas X MAN Tembilahan Tahun Pelajaran 2017/2018. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 615–618. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4242
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Mispawati Mispawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).