Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKWU Kelas XII TKJ 1 SMKN 2 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3906Abstract
Penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, menerapkan Project Based Learning pada mata pelajaran PKWU ( Prakarya dan Kewirausahaan ). Diharapkan dengan model PBL { Project Based Learning ) pada kompetensi dasar pembuatan prototype barang/ jasa meningkat. Hal tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa tersebut. Hasil yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa terutama pada siswa kelas XII TKJ1 dimana sebelum PTK dilakukan nilai rata-rata ulangan harian 70,50, pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata 76,11 dan pada siklus kedua mencapai nilai 84,72 dengan persentase siswa yang tuntas sebelum PTK dilakukan hanya 31 %, setelah siklus pertama dilakukan siswa yang tuntas mencapai 61 %, pada siklus kedua meningkat cukup signifikan yaitu mencapai 83 %. Dengan demikian model pembelajaran dengan menggunakan metode Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-12-27
How to Cite
Fitrianti, F. (2021). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKWU Kelas XII TKJ 1 SMKN 2 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 719–721. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3906
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Fitrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).