Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas VII Mts S Bawan Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam

Authors

  • Fitri Handayani Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi
  • Salmi Wati Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3841

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa masih tergolong rendah, diketahui bahwa  suasana belajar belum dapat meningkatkan keaktifan siswa baik ketika mengeluarkan pendapat karena guru lebih banyak mendominasi kelas, dan kurangnya kerjasama antar siswa dalam memahami materi pembelajaran sehingga terlihat pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VII/1 MTs S Bawan Kec Ampek Nagari Kab Agam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskripstif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VII/1 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dengan model pembelajaran jigsaw baik pada siklus I maupun siklus II. Dari hasil penelitian, sebelum diberi tindakan, dari 16 siswa memperoleh rata-rata siswa 43,43 dengan siswa yang tuntas 4 orang atau 25%. Setelah pemberian tindakan dengan penerapan model pembelajaran jigsaw pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 63,13 yang tuntas sebanyak 9 orang atau 56,25%. Karena terdapat beberapa kekurangan pada siklus I maka diperbaiki pada siklus II sehingga siswa memperoleh nilai rata-rata 80 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang atau 81,25%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Handayani, F. ., & Wati, S. . (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas VII Mts S Bawan Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 513–518. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3841