Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas VII Mts S Bawan Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3841Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa masih tergolong rendah, diketahui bahwa suasana belajar belum dapat meningkatkan keaktifan siswa baik ketika mengeluarkan pendapat karena guru lebih banyak mendominasi kelas, dan kurangnya kerjasama antar siswa dalam memahami materi pembelajaran sehingga terlihat pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VII/1 MTs S Bawan Kec Ampek Nagari Kab Agam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskripstif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VII/1 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dengan model pembelajaran jigsaw baik pada siklus I maupun siklus II. Dari hasil penelitian, sebelum diberi tindakan, dari 16 siswa memperoleh rata-rata siswa 43,43 dengan siswa yang tuntas 4 orang atau 25%. Setelah pemberian tindakan dengan penerapan model pembelajaran jigsaw pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 63,13 yang tuntas sebanyak 9 orang atau 56,25%. Karena terdapat beberapa kekurangan pada siklus I maka diperbaiki pada siklus II sehingga siswa memperoleh nilai rata-rata 80 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang atau 81,25%.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-03-06
How to Cite
Handayani, F. ., & Wati, S. . (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas VII Mts S Bawan Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 513–518. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3841
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Fitri Handayani, Salmi Wati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).