Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 02 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3836Abstract
Penelitian ini diangkat dari fenomena yang dialami oleh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 02 Tigo Nagari. Peneliti melihat di lokasi penelitian adanya penurunan minat belajar siswa, sebagian peserta didik masih banyak yang malas mengerjakan tugas, tampak jenuh, mudah putus asa, masih banyak peserta didik yang tidak paham dengan penjelasan pendidik, kurang antusias dalam belajar atau kurang aktif dalam belajar dan tidak mengumpulkan tugas. Pembahasan dalam skripsi ini, menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 02 Tigo Nagari. Informan kunci dalam penelitian ini siswa kelas VII dan informan pendukungnya guru PAI Untuk mengumpulkan data, penulis melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data sudah terkumpul, penulis menganalisis data. Kemudian untuk menjamin keabsahan data, penulis melakukan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkaan adanya beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI, yaitu sebagai berikut : faktor internal, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa. Yakni, aspek jasmaniah, aspek kejiwaan/psikologis yang meliputi : kurangnya perhatian, tanggapan/respon siswa yang kurang baik, kemampuan siswa belajar PAI, dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar PAI. Dan faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa. yang pertama, lingkungan keluarga : kurangnya dukungan dari orangtua, kurangnya perhatian orangtua terhadap proses belajarnya siswa, dan suasana rumah yang tidak mendukung siswa untuk belajar dengan baik. Yang kedua lingkungan sekolah : cara mengajar guru, kondisi ruang kelas yang kurang kondusif, dan metode yang digunakan guru. Yang ketiga, lingkungan masyarakat : pengaruh teman, pengaruh gadget, kondisi lingkungan yang kurang baik, dan sibuk dengan kegiatan di masyarakat. ÂDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-03-06
How to Cite
Ridwan, M. ., & Afrinaldi, A. (2022). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 02 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 504–512. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3836
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Ridwan, Afrinaldi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).