Metode Guru PAI Mengembangkan Sikap Moderasi Beragama Di SMP N 29 Sijunjung
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3798Abstract
Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana cara guru PAI mengembangkan sikap moderasi beragama siswa yang mana indikatornya sikap kebangsaan, sikap toleransi, sikap anti kekerasan, dan sikap budaya lokal. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetehui cara guru implemantasikan pengembangan sikap moderasi beragama di SMPN 29 Sijunjung dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI mengembangan sikap moderasi beragama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Untuk informan kunci dalam penelitian ini yaitu guru PAI untik informan pendukung yaitu siswa. Hasil dari penelitian yang dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara memperoleh bahwa sikap moderasi beragama yang terdiri dari sikap kebangsaan, si`kap toleransi, sikap anti kekerasan dan sikap budaya lokal dapat dikembangkan dengan menggunakan metode nasihat, keteladan, pembiasaan dan metode pengawasan. Untuk faktor pendukung dalam mengembangkan sikap moderasi beragama ialah kerjasama antara orang tua dan guru, kerja sama antara guru PAI dengan guru bidang studi lain, dan dukungan serta motivasi dari kepala sekolah. Faktor penghambat mengembangkan sikap moderasi beragama yaitu faktor lingkungan dan media masa.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-03-01
How to Cite
Rita, F. N. ., & Iswantir, I. (2022). Metode Guru PAI Mengembangkan Sikap Moderasi Beragama Di SMP N 29 Sijunjung. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 493–503. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3798
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Fitria Nova Rita, Iswantir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).