Pembinaan Kedisplinan Beribadah Anak Di Panti Asuhan Amanah V Suku Canduang
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3673Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah sebagian anak asuh masih belum melaksanakan shalat fardhu, sebagian anak masih lalai dan tidak tepat waktu dalam melaksanakan shalat fardhu, dan sebagian anak masih terdapat lubang-lubang dalam shalatnya. Dari permasalahan yang ada, peneliti tertarik untuk mengkaji bagaimana pembinaan yang dapat dilakukan oleh pengasuh dalam membina shalat fardhu anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, yaitu mendeskripsikan suatu fenomena yang terjadi sesuai dengan data yang ada di lapangan. Penelitian dilakukan di Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang Kabupaten Agam dengan informan kunci peneliti yaitu ibu asuh dan informan yang mendukung pengurusan dan anak asuh panti asuhan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, artinya data yang muncul berupa data tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati yang diolah melalui catatan, kemudian disusun dalam teks. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi data. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pengasuh di Panti Asuhan Amanah V Suku Canduang telah melakukan Pembinaan Disiplin Sholat Fardhu diantaranya dengan membuat aturan tentang disiplin beribadah, pemberian sanksi atau hukuman, pemberian hadiah dan motivasi. , mengawasi kedisiplinan anak, memberikan kesadaran akan pentingnya beribadah bagi anak.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-02-13
How to Cite
Pasma, R. . (2022). Pembinaan Kedisplinan Beribadah Anak Di Panti Asuhan Amanah V Suku Canduang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 412–419. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3673
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Reza Pasma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).