Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Barbershop dengan Metode Service Quality (Serverqual) dan Impertance Performance Analiysis (IPA) (Studi Kasus Pada Barbershop The Gold 74 Andaleh)

Authors

  • Fadilla Ananda Yeskia Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Fauzan Usnen Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • M. Hafidz Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Riki Rinaldi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Rizky Efendi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Ramadani Bayu Putra Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan harapan konsumen mengenai kualitas pelayanan jasa Barbershop The Gold 74 yang diharapkan oleh konsumen setelah menerima pelayanan dari Barbershop The Gold 74 dan apa saja yang harus diperbaiki dalam pelayanan jasa yang diberikan oleh Barbershop The Gold 74. Penelitian di Barbershop The Gold 74 dilakukan untuk mengetahui kualitas dari pelayanan dan fasilitas yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode Service Quality (SERVQUAL) yang digunakan untuk mengidentifikasi atribut yang akan diteliti dan untuk mencari nilai kepuasan konsumen. Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengelompokkan atribut menjadi kuadran prioritas utama, kuadran dipertahankan, kuadran prioritas rendah, dan kuadran berlebih. Nilai dari perhitungan SERVQUAL seluruh atribut masih berada dalam gap negatif. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan  Barbershop The Gold 74 belum memenuhi harapan konsumen. Hasil pengelompokan diagram Importance Performance Analysis menghasilkan empat atribut yang berada pada prioritas utama, yaitu usaha tersebut harus meningkatkan keluasan dan keamanan tempat parkir, memberikan berbagai macam pilihan model rambut, berusaha lebih cepat untuk menanggapi keluhan konsumen, serta menambah referensi tentang gaya model rambut terbaru, karena keempat atribut kualitas tersebut merupakan harapan konsumen sebagai prioritas utama agar dilakukan perbaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-05

How to Cite

Yeskia, F. A., Usnen, F. ., Hafidz, M., Rinaldi, R. ., Efendi, R. ., & Putra, R. B. . (2022). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Barbershop dengan Metode Service Quality (Serverqual) dan Impertance Performance Analiysis (IPA) (Studi Kasus Pada Barbershop The Gold 74 Andaleh). Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 394–399. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3596