Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Barbershop dengan Metode Service Quality (Serverqual) dan Impertance Performance Analiysis (IPA) (Studi Kasus Pada Barbershop The Gold 74 Andaleh)
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3596Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan harapan konsumen mengenai kualitas pelayanan jasa Barbershop The Gold 74 yang diharapkan oleh konsumen setelah menerima pelayanan dari Barbershop The Gold 74 dan apa saja yang harus diperbaiki dalam pelayanan jasa yang diberikan oleh Barbershop The Gold 74. Penelitian di Barbershop The Gold 74 dilakukan untuk mengetahui kualitas dari pelayanan dan fasilitas yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode Service Quality (SERVQUAL) yang digunakan untuk mengidentifikasi atribut yang akan diteliti dan untuk mencari nilai kepuasan konsumen. Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengelompokkan atribut menjadi kuadran prioritas utama, kuadran dipertahankan, kuadran prioritas rendah, dan kuadran berlebih. Nilai dari perhitungan SERVQUAL seluruh atribut masih berada dalam gap negatif. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan Barbershop The Gold 74 belum memenuhi harapan konsumen. Hasil pengelompokan diagram Importance Performance Analysis menghasilkan empat atribut yang berada pada prioritas utama, yaitu usaha tersebut harus meningkatkan keluasan dan keamanan tempat parkir, memberikan berbagai macam pilihan model rambut, berusaha lebih cepat untuk menanggapi keluhan konsumen, serta menambah referensi tentang gaya model rambut terbaru, karena keempat atribut kualitas tersebut merupakan harapan konsumen sebagai prioritas utama agar dilakukan perbaikan.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-02-05
How to Cite
Yeskia, F. A., Usnen, F. ., Hafidz, M., Rinaldi, R. ., Efendi, R. ., & Putra, R. B. . (2022). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Barbershop dengan Metode Service Quality (Serverqual) dan Impertance Performance Analiysis (IPA) (Studi Kasus Pada Barbershop The Gold 74 Andaleh). Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 394–399. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3596
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Fadilla Ananda Yeskia, Fauzan Usnen, M.Hafidz, Riki Rinaldi, Rizky Efendi, Ramadani Bayu Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).