Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN Grogol 05 Pagi

Authors

  • Ibnu Aji Saputra Universitas Esa Unggul
  • Endang M Kurnianti Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3459

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik elektronik berbasis literasi dengan bantuan software Flip PDF Profesional materi sistem pernapasan manusia di kelas V SDN  Grogol 05 Pagi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 26 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa lembar angket validasi untuk para ahli (materi, bahasa, media, dan guru), lembar studi pendahuluan untuk siswa dan guru kelas, dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa lembar kerja peserta didik elektronik memperoleh presentasi dari ketiga pakar sebesar 81,3% dengan kategori sangat layak. Penilaian dari guru kelas menunjukan presentase sebesar 94,5% dengan kategori sangat layak. Penilaian peserta didik pada uji coba kelompok menunjukan presentase sebesar 83,5% dengan kategori “sangat baikâ€. Penilaian respon peserta didik pada uji lapangan menunjukan presentase sebesar 86,1% dengan kategori “sangat baikâ€.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-27

How to Cite

Saputra, I. A. ., & Kurnianti, E. M. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN Grogol 05 Pagi . Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 563–571. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3459