Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN Grogol 05 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3459Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik elektronik berbasis literasi dengan bantuan software Flip PDF Profesional materi sistem pernapasan manusia di kelas V SDN Grogol 05 Pagi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 26 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa lembar angket validasi untuk para ahli (materi, bahasa, media, dan guru), lembar studi pendahuluan untuk siswa dan guru kelas, dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa lembar kerja peserta didik elektronik memperoleh presentasi dari ketiga pakar sebesar 81,3% dengan kategori sangat layak. Penilaian dari guru kelas menunjukan presentase sebesar 94,5% dengan kategori sangat layak. Penilaian peserta didik pada uji coba kelompok menunjukan presentase sebesar 83,5% dengan kategori “sangat baikâ€. Penilaian respon peserta didik pada uji lapangan menunjukan presentase sebesar 86,1% dengan kategori “sangat baikâ€.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-03-27
How to Cite
Saputra, I. A. ., & Kurnianti, E. M. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN Grogol 05 Pagi . Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 563–571. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3459
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Ibnu Aji Saputra, Endang M Kurnianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).