Pengembangan Bahan Ajar Scrapbook Tema Peristiwa dalam Kehidupan untuk Kelas V di Sekolah Dasar

Authors

  • Anisa Anisa Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Nyiayu Farhriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Murjainah Murjainah Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3387

Abstract

Penelitian pengambangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar scrapbook tema peristiwa dalam kehidupan yang valid, praktis, dan efektif siswa kelas V di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar yang berjumlah 15 orang. Bahan ajar scrapbook yang dikembangkan menggunakan model rowntree dengan tiga tahap yaitu perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan Walkthrough, angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar scrapbook tema peristiwa dalam kehidupann yang dilakukan oleh peneliti dinyatakan valid berdasarkan penilaian dari ahli media diperoleh rata-rata penilaian sebesar 94% dan validasi ahli materi diperoleh rata-rata penilaian sebesar 96%, bahan ajar scrapbook tema peristiwa dalam kehidupan yang telah dikembangkan dinyatakan praktis berdasarkan angket respon peserta didik yang diperoleh rata-rata sebesar 92% pada tahap one to one, dan 95% pada tahap small group, dan bahan ajar scrapbook tema peristiwa dalam kehidupan dinyatakan efektif berdasarkan tes hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Diharapkan hasil dalam penelitian ini bisa digunakan sebagai bahan penelitian dan referensi sehingga dapat mengembangkan bahan ajar scrapbook pada tema yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-13

How to Cite

Anisa, A., Fuadiah, N. F. ., & Murjainah, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Scrapbook Tema Peristiwa dalam Kehidupan untuk Kelas V di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 244–251. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3387