Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa SD Negeri 1 Sukamaju

Authors

  • Dessidik Fatonah Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Rohana Rohana Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Mega Prasrihamni Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa SD Negeri 1 Sukamaju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan cara tes tertulis. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 1 Sukamaju yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 32 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V.yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 16 orang siswa dan  sebagai kelas kontrol yang berjumlah 16 orang siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 25 dan hasilnya ada pengaruh media video animasi trhadap keterampilan menyimak siswa dinyatakan signifikan dimana Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa SD Negeri 1 Sukamaju.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-13

How to Cite

Fatonah, D., Rohana, R., & Prasrihamni, . M. . (2022). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa SD Negeri 1 Sukamaju. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 262–271. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3358