Peningkatan Hasil Belajar Transformasi Geometri Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Metode Role Playing Kelas X Geomatika SMKN 2 Pekanbaru

Authors

  • Zahara Zahara SMK Negeri Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3338

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: apakah metode Role Playing  pada Kelas X Geomatika SMK  Negeri  2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar Matematika ? Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: (a) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa mata pelajaran matematika dengan kompetensi dasar  transformasi geometri dengan “metode  role playing.(b) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Geomatika  SMKN 2 Pekanbaru pada kompetensi dasar transformasi geometri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X Geometri  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II yaitu, siklus I 20.4 % dan  siklus II 94.1 %. Simpulan dari penelitian bahwa  Metode Role Playing  dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kelas X Geometri SMK Negeri 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/ 2020

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Zahara, Z. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Transformasi Geometri Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Metode Role Playing Kelas X Geomatika SMKN 2 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 685–687. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3338