Peningkatan Hasil Belajar Transformasi Geometri Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Metode Role Playing Kelas X Geomatika SMKN 2 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3338Abstract
Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: apakah metode Role Playing pada Kelas X Geomatika SMK Negeri 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar Matematika ? Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: (a) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa mata pelajaran matematika dengan kompetensi dasar transformasi geometri dengan “metode role playing.(b) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Geomatika SMKN 2 Pekanbaru pada kompetensi dasar transformasi geometri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X Geometri Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II yaitu, siklus I 20.4 % dan siklus II 94.1 %. Simpulan dari penelitian bahwa Metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kelas X Geometri SMK Negeri 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/ 2020Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-12-30
How to Cite
Zahara, Z. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Transformasi Geometri Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Metode Role Playing Kelas X Geomatika SMKN 2 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 685–687. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3338
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Zahara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).