Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Vokal Kelas XI IPS 2 Dengan Menggunakan Media Iringan Midi Di SMA Negeri 9 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3321Abstract
Penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, motivasi belajar vokal siswa meningkat setelah siswa mengikuti proses belajar vokal dengan menggunakan media iringan midi dari kriteria penilaian yang diharapkan oleh peneliti telah tercapai. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang sebelum mengikuti proses belajar vokal dengan menggunakan media iringan midi tidak pernah memperhatikan guru menjelaskan tentang materi yang diajarkan, Setelah siswa mengikuti proses belajar vokal dengan menggunakan media iringan midi siswapun menjadi memperhatikan saat guru menjelaskan materi dan banyak bertanya, dan yang lebih terlihat siswa yang tadinya tidak dapat bernyanyi dengan baik setelah mengikuti proses belajar vokal dengan menggunakan media iringan midi mereka menjadi baik dalam bernyanyi. Hal tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar vokal pada siswa tersebut.Jika motivasi belajar vokal siswa meningkat akan berkesinambungan dengan hasil belajar vokal siswa yang juga akan ikut meningkat. Terbukti dari hasil belajar vokal setiap siklus, dari 34 siswa yang mengikuti proses belajar vokal dengan menggunakan media iringan midi, 40% mempunyai nilai >75 pada pra siklus, meningkat menjadi 50% pada siklus I, dan 90% mendapatkan nilai >75 pada siklus IIDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-12-30
How to Cite
Susiana, S. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Vokal Kelas XI IPS 2 Dengan Menggunakan Media Iringan Midi Di SMA Negeri 9 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 673–677. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3321
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Susiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).