Implementasi Media Interaktif Animasi Pada Minat Belajar Materi IPA Siswa Kelas V

Authors

  • Muhammad Ridho Alfajri Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Maharani Oktavia Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Puji Ayurachmawati Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3424

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi media interaktif animasi pada minat belajar materi IPA siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan medote penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas V SDN 13 Banyuasin I. Instrumen yang digunakan dalam adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar pedoman wawancara dan lembar angket minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media interaktif animasi pada materi IPA dapat terlihat sikap minat belajar siswa sesuai dengan indikator minat belajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil observasi diperoleh rata-rata presentase minat belajar sebersar 73,12%. Hasil wawancara dari semua pertanyaan yang diajukan peneliti dihasilkan jawaban yang menunjukkan respon positif mengenai minat belajar siswa pada materi IPA menggunakan media interaktif animasi. Sedangkan hasil angket diperoleh rata-rata presentase 78,69% dan presentase minat belajar pada masing-masing kategori yaitu pada kategori sangat berminat sebanyak 5 siswa dengan presentase 25%, kategori berminat sebanyak 12 siswa dengan presentase 60%, kategori cukup berminat sebanyak 3 siswa dengan presentase 15%. Kemudian kategori kurang berminat dan tidak berminat sebanyak 0 dengan presentase 0%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

Alfajri, M. R. ., Oktavia, M. ., & Ayurachmawati, P. . (2022). Implementasi Media Interaktif Animasi Pada Minat Belajar Materi IPA Siswa Kelas V. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 308–318. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3424