Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti

Authors

  • Arif Agus Mujahidin Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Unik Hanifah Salsabila Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Aisyah Luthfi Hasanah Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Meti Andani Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Windy Aprillia Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109

Abstract

Dalam dunia pendidikan, pemanfaatan berbagai media penunjang pembelajaran tidak dapat dihindarkan lagi. Terutama dalam menghadapi permasalahan sistem pembelajaran di masa pandemi yang belum usai ini. Berubahnya sistem pendidikan yang semula berlangsung secara tatap muka dan kini harus  berubah menggunakan sistem daring, mengharuskan para tenaga pendidik mencari cara untuk membuat pembelajaran agar menjadi lebih asyik dan tidak membosankan. Salah satunya dengan pemanfaatan berbagai media pembelajaran. Seperti halnya yang terjadi pada salah satu Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Tulisan yang menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan dibantu melalui studi pustaka ini menghasilkan tulisan mengenai berbagai pemanfaatan media pembelajaran daring yang digunakan, seperti dalam pemanfaatan aplikasi Wordwall, Quizizz, Sway, maupun WhatsApp. Meskipun dalam pemanfaatannya terdapat hambatan dan kelemahan, seperti terganggunya sistem jaringan internet, namun pemanfaatan media pembelajaran ini terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa, menumbuhkan semangat dan jiwa aktifnya, serta terbukti dapat meningkatkan prestasi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-12-14

How to Cite

Mujahidin, A. A. ., Salsabila, U. H. ., Hasanah, A. L. ., Andani, M. ., & Aprillia, W. . (2012). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109