Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Marketing Siswa Kelas XI BDP 1 SMK Negeri 1 Pekanbaru Tahun Ajaran 2019

Authors

  • Apriani Apriani SMK Negeri 1 Pekanbaru, Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2880

Keywords:

Hasil Belajar Marketing, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Team Asisted Individualization (TAI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Marketing pada sisiwa Kelas XI BDP 1 di SMK Negeri 1 dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar Marketing pada siswa Kelas XI BDP 1 di SMK Negeri 1?.Yang menjadi subjek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa di Kelas XI BDP 1 di SMK Negeri 1 Pekanbaru ini terdapat 34 orang siswa, 14 orang siswa laki-laki, 20 orang siswa perempuan.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Peningkatan rata-rata daya serap siswa melalui post test dari 63,89 (pertemuan I siklus I) menjadi 88,89 (pertemuan II siklus II/ pertemuan terakhir). Hal ini membuktikan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI  dapat membuat siswa lebih memahami materi pokok pembahasan. 2) Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI di XI BDP 1 di SMK Negeri Tahun Pelajaran 2019 dapat mencapai ketuntasan dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, 2004. Psikologi Belajar. Jakarta :Rineka Cipta

Angkowo, Robertus dan Kosasih, A 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT Grasindo

Anonim, 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang SISdIKNAS. Bandung : Citra Umbara

Depdiknas, 2002. Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Kelas di SMK, Jakarta

-------------,2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, JakartaPusat : Kurkulum Balitbang Depdinas

Isjoni, 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT Grasindo

Kagan, Spansar. 1992. Cooperatif Learning. San Juan Capistrano. Kagan Coopetave Learning

Lie, Anita. 2004. Mempraktekan cooperative Learning di Ruang-ruang kelas. Jakarta : PT Gramdia

Sudjana, Nana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Roksadaya

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inopatif – Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

http://frenky.cahaya-purnama-blogspot.com/2017/12/virtual-learning-envirent. En. wikipedia.org/wiki/learning.

Downloads

Published

2021-11-16

How to Cite

Apriani, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Marketing Siswa Kelas XI BDP 1 SMK Negeri 1 Pekanbaru Tahun Ajaran 2019. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 301–304. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2880