Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Marketing Siswa Kelas XI BDP 1 SMK Negeri 1 Pekanbaru Tahun Ajaran 2019
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2880Keywords:
Hasil Belajar Marketing, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Team Asisted Individualization (TAI)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Marketing pada sisiwa Kelas XI BDP 1 di SMK Negeri 1 dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar Marketing pada siswa Kelas XI BDP 1 di SMK Negeri 1?.Yang menjadi subjek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa di Kelas XI BDP 1 di SMK Negeri 1 Pekanbaru ini terdapat 34 orang siswa, 14 orang siswa laki-laki, 20 orang siswa perempuan.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Peningkatan rata-rata daya serap siswa melalui post test dari 63,89 (pertemuan I siklus I) menjadi 88,89 (pertemuan II siklus II/ pertemuan terakhir). Hal ini membuktikan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAIÂ dapat membuat siswa lebih memahami materi pokok pembahasan. 2) Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI di XI BDP 1 di SMK Negeri Tahun Pelajaran 2019 dapat mencapai ketuntasan dan hasil belajar siswa.Downloads
References
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, 2004. Psikologi Belajar. Jakarta :Rineka Cipta
Angkowo, Robertus dan Kosasih, A 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT Grasindo
Anonim, 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang SISdIKNAS. Bandung : Citra Umbara
Depdiknas, 2002. Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Kelas di SMK, Jakarta
-------------,2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, JakartaPusat : Kurkulum Balitbang Depdinas
Isjoni, 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT Grasindo
Kagan, Spansar. 1992. Cooperatif Learning. San Juan Capistrano. Kagan Coopetave Learning
Lie, Anita. 2004. Mempraktekan cooperative Learning di Ruang-ruang kelas. Jakarta : PT Gramdia
Sudjana, Nana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Roksadaya
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inopatif – Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
http://frenky.cahaya-purnama-blogspot.com/2017/12/virtual-learning-envirent. En. wikipedia.org/wiki/learning.