Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Sendang, Kabupaten Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2805Keywords:
Dampak Penerapan, Kurikulum 2013, Pembelajaran DaringAbstract
Merebaknya wabah pendemi covid-19 di Negara Indonesia telah mempengaruhi semua aspek kehidupan masyarakat, baik itu aspek sosial, ekonomi, pariwisata hingga pendidikan. Pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan sebagai langkah pemutusan rantai penyebaran virus covid-19. Pembatasan sosial bersekala besar merupakan kebijakan paling utama yang di berlakukan oleh pemerintah. Diterapkannya Pembatasan sosial berskala besar berpengaruh besar di sektor pendidikan, karena memicu di terapkannya kebijakan baru yakni proses pembelajaran dilaksanakan secara tatap maya atau dalam jaringan. Kebijakan pembelajaran dalam jaringan ini menimbulkan dampak pada pelaksanaan kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Sendang, Kabupaten Ponorogo. Terdapat banyak keterbatasan dalam proses penerapan kurikulum 2013 dalam masa pendemi. Sehingga menimbulkan pengaruh terhadap keberhasilan dalam penerapanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, pengumpulan data melalui kuesioner yang telah di sebar kepada responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan pembelajaran dalam jaringan terhadap tingkat keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Sendang, Kabupaten Ponorogo. Kata Kunci: Dampak Penerapan, Kurikulum 2013, Pembelajaran Daring  AbstractThe outbreak of the COVID-19 pandemic in Indonesia has affected all aspects of people's lives, be it social, economic, tourism to education aspects. The government has issued various policies as a step to break the chain of the spread of the COVID-19 virus. Large-scale social restrictions are the most important policy implemented by the government. The implementation of large-scale social restrictions has a big impact on the education sector, because it triggers the implementation of new policies, namely the learning process is carried out face-to-face or online. This online learning policy has an impact on the implementation of the 2013 curriculum at SD Negeri 2 Sendang, Ponorogo Regency. There are many limitations in the process of implementing the 2013 curriculum during the pandemic. So that it affects the success in its application. The method used in this research is descriptive analysis method, collecting data through questionnaires that have been distributed to respondents. This study aims to determine the impact of implementing online learning on the success rate of implementing the 2013 curriculum at SD Negeri 2 Sendang, Ponorogo Regency. Keywords: Impact of implementation, 2013 Curriculum, Online LearningDownloads
Download data is not yet available.
References
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Studi From Home(SFH) selama Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 496-497. DOI: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/download/8503/4094
Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).
Sulistyawati, M., Armelia, & Afdal. (2020). ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, 3-4.
Downloads
Published
2021-11-09
How to Cite
Ningrum, P. P., Prasetyo, Y. E., Yuliarisma, S. A., & Fadhilla, F. N. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Sendang, Kabupaten Ponorogo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 26–29. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2805
Issue
Section
Articles