Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SDN 89 Palembang

Authors

  • Agnes Devi Anita Universitas PGRI Palembang, Palembang, Sumatera Selatan
  • M Ferdiansyah Universitas PGRI Palembang, Palembang, Sumatera Selatan
  • Mega Prasrihamni Universitas PGRI Palembang, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2729

Keywords:

Menulis, Pantun, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek kemampuan menulis pantun siswa kelas V di SDN 89 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif-kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah jawaban tes pembuatan pantun siswa kelas V. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan Vertification/ Kesimpulan. Analisis data diperoleh dari aspek-aspek kemampuan menulis pantun siswa kelas V SDN 89 Palembang yang menunjukkan bahwa (1) 16 siswa yang mendapat kategori baik sekali dengan hasil persentase 48,48%, (2) 6 siswa yang mendapatkan kategori baik dengan hasil persentase 18,18%, (3) 6 siswa yang mendapatkan kategori cukup dengan hasil persentase 18,18%, (4) 5 siswa yang mendapatkan kategori gagal dengan hasil persentase 15, 15%. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai siswa dalam menulis pantun yaitu 77 dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilia Nora dkk. (2015). Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD An Namiroh Pusat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa. Vol.2 No.2.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menegah. Jakarta: Depdiknas.

Lebu Hasri dkk. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD. Journal of Elementrary Education. Vol. 2 No.1.

Mulyadi Yadi dkk. (2016). Intisari Sastra Indonesia Untuk SMP dan SMA. Bandung: Yrama Widya.

Nugraheni Aninditya Sri dkk. (2016 ). Peningkatan Daya Imajinasi Melalui Kreatif Pantun Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kebondalem Kidul I Klaten. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol 1. No 2.

Ratnaputri Rasyidah dkk. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menulis Pantun Kelas IV SD Se-Gugus 1 Ki Hajar Dewantara Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Jurnal Mahasiswa Online. Vol.4 No.2.

Resnani. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Melalui Model Multiliterasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 14 No. 1

Sakdiahwati, (2019). Sastra. Palembang: NeorFikri.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UU RI No. 14 thn. 2005 tentang Guru dan Dosen serta UU RI No. 20 Thn. 2003 tentang Sisdiknas. 2006. Bandung: Citra Umbara.

Yuliana Azmi. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas IV SD Negeri 066044 Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Think Pair Share. Jurnal Ilmiah Simantek. Vol. 4 No.4.

Downloads

Published

2021-11-05

How to Cite

Anita, A. D., Ferdiansyah, M., & Prasrihamni, M. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SDN 89 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2729