Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SDN 89 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2729Keywords:
Menulis, Pantun, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek kemampuan menulis pantun siswa kelas V di SDN 89 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif-kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah jawaban tes pembuatan pantun siswa kelas V. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan Vertification/ Kesimpulan. Analisis data diperoleh dari aspek-aspek kemampuan menulis pantun siswa kelas V SDN 89 Palembang yang menunjukkan bahwa (1) 16 siswa yang mendapat kategori baik sekali dengan hasil persentase 48,48%, (2) 6 siswa yang mendapatkan kategori baik dengan hasil persentase 18,18%, (3) 6 siswa yang mendapatkan kategori cukup dengan hasil persentase 18,18%, (4) 5 siswa yang mendapatkan kategori gagal dengan hasil persentase 15, 15%. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai siswa dalam menulis pantun yaitu 77 dengan kategori baik.Downloads
References
Afrilia Nora dkk. (2015). Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD An Namiroh Pusat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa. Vol.2 No.2.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menegah. Jakarta: Depdiknas.
Lebu Hasri dkk. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD. Journal of Elementrary Education. Vol. 2 No.1.
Mulyadi Yadi dkk. (2016). Intisari Sastra Indonesia Untuk SMP dan SMA. Bandung: Yrama Widya.
Nugraheni Aninditya Sri dkk. (2016 ). Peningkatan Daya Imajinasi Melalui Kreatif Pantun Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kebondalem Kidul I Klaten. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol 1. No 2.
Ratnaputri Rasyidah dkk. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menulis Pantun Kelas IV SD Se-Gugus 1 Ki Hajar Dewantara Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Jurnal Mahasiswa Online. Vol.4 No.2.
Resnani. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Melalui Model Multiliterasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 14 No. 1
Sakdiahwati, (2019). Sastra. Palembang: NeorFikri.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
UU RI No. 14 thn. 2005 tentang Guru dan Dosen serta UU RI No. 20 Thn. 2003 tentang Sisdiknas. 2006. Bandung: Citra Umbara.
Yuliana Azmi. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas IV SD Negeri 066044 Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Think Pair Share. Jurnal Ilmiah Simantek. Vol. 4 No.4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Agnes Devi Anita, M. Ferdiansyah, Mega Prasrihamni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).