Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Melalui Pendekatan CTL Pada Siswa V A SD Negeri 01 Koto Besar
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2313Keywords:
Hasil Belajar IPA, CTL, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan CTL pada siswa kelas V A SD Negeri 01 Koto Besar kec. Koto Besar. Pelaksanaan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan CTL pada siswa kelas V A SD 01 Negeri Koto Besar kec. Koto Besar.Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan CTL pada siswa kelas V A SD Negeri 01 Koto Besar kec. Koto Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitati. Objek penelitian ini adalah 25 siswa kelas VA. Penelitian dilakukan dalam II siklus, dan proses penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil Penelitian Menunjukan pada siklus I terdapat kemajuan dari nilai rata-rata 50,08 (data awal) menjadi 68,04, berarti meningkat sebesar 17,96 poin. Dan persentase ketuntasan mencapai 64 % berarti naik 48 % dari data awal 16 %. Sedangkan pada siklus II terdapat kemajuan dari nilai rata-rata 68,04 (data awal) menjadi 73,06 berarti naik sebesar 5,2 poin dan kemajuan persentase mencapai 80 % dengan kenaikan 16 % dari data awal 64 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 01 Koto Besar kec. Koto Besar.Downloads
References
Ani Widayati. 2008. “PENELITIAN TINDAKAN KELAS Ani.†JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA VI(1): 87–93.
Fauzan, Ahmad, and dan Ratna Wulan. 2012. “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbasis Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Di Smp Negeri Kota Padang.†Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1: 1–21. http://ejournal.unp.ac.id.
Kurniawan, Machful Indra. 2015. “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar.†PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 4(1): 41.
Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1): 128.
Nurul, Bruce et al 2013. 2013. “Prosidingng Halaqoh Nasional Dan Seminar Internasional Pendidikan Islam.†Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.
Panjaitan, Dedy Juliandri. 2018. “Peningkatan Pemahaman Dan Aplikasi Konsep Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning.†Jurnal MathEducation Nusantara 1(1): 52–59.
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. 2020. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA LAGU ANAK DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR.†Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 8(2): 304–14.
Prananda, Gingga. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD.†Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 6((2, Oktober)): 122–30.
Wibawa, Sutrisna. 2011. “PENELITIAN TINDAKAN KELAS Oleh Sutrisna Wibawa (FBS UNY).†repository.uin-malang.ac.id (1970).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Erni Yusnita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).