Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Melalui Pendekatan CTL Pada Siswa V A SD Negeri 01 Koto Besar

Authors

  • Erni Yusnita Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2313

Keywords:

Hasil Belajar IPA, CTL, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan CTL pada siswa kelas V A SD Negeri 01 Koto Besar kec. Koto Besar. Pelaksanaan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan CTL pada siswa kelas V A SD 01 Negeri Koto Besar kec. Koto Besar.Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan CTL pada siswa kelas V A SD Negeri 01 Koto Besar kec. Koto Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitati. Objek penelitian ini adalah 25 siswa kelas VA. Penelitian dilakukan dalam II siklus, dan proses penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil Penelitian Menunjukan pada siklus I terdapat kemajuan dari nilai rata-rata 50,08 (data awal) menjadi 68,04, berarti meningkat sebesar 17,96 poin. Dan persentase ketuntasan mencapai 64 % berarti naik 48 % dari data awal 16 %. Sedangkan pada siklus II terdapat kemajuan dari nilai rata-rata 68,04 (data awal) menjadi 73,06 berarti naik sebesar 5,2 poin dan kemajuan persentase mencapai 80 % dengan kenaikan 16 % dari data awal 64 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 01 Koto Besar kec. Koto Besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani Widayati. 2008. “PENELITIAN TINDAKAN KELAS Ani.†JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA VI(1): 87–93.

Fauzan, Ahmad, and dan Ratna Wulan. 2012. “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbasis Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Di Smp Negeri Kota Padang.†Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1: 1–21. http://ejournal.unp.ac.id.

Kurniawan, Machful Indra. 2015. “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar.†PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 4(1): 41.

Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1): 128.

Nurul, Bruce et al 2013. 2013. “Prosidingng Halaqoh Nasional Dan Seminar Internasional Pendidikan Islam.†Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Panjaitan, Dedy Juliandri. 2018. “Peningkatan Pemahaman Dan Aplikasi Konsep Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning.†Jurnal MathEducation Nusantara 1(1): 52–59.

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. 2020. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA LAGU ANAK DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR.†Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 8(2): 304–14.

Prananda, Gingga. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD.†Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 6((2, Oktober)): 122–30.

Wibawa, Sutrisna. 2011. “PENELITIAN TINDAKAN KELAS Oleh Sutrisna Wibawa (FBS UNY).†repository.uin-malang.ac.id (1970).

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Yusnita, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Melalui Pendekatan CTL Pada Siswa V A SD Negeri 01 Koto Besar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 158–165. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2313