Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scramble Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri 08 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Authors

  • Elmi Nurlisa Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat
  • Dwi Novri Asmara Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat
  • Ratnawati Ratnawati Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2214

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran di SD 08 Sitiung Kabupaten Dharmasraya hanya terfokus pada buku panduan. Untuk itu masih dibutuhkannya bahan ajar LKPD yang dipadukan dengan model pembelajaran sehingga dapat membantu peserta didik berpikir secara aktif dan melatih kemampuan peserta didik dalam memahami huruf dan teks bacaan.Tujuan pengembangan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis scrambel pada pembelajaran bahasa indonesia.Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research dan Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: (Analysis, Design,Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba adalah peserta didik kelas II SD Negeri 08 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, praktikalitas dan efektifitas. Instrumen penilaian ini di validitas oleh tiga validator, validator isi, validator konstruk dan validator bahasa, kemudian lembar praktikalitas LKPD ditentukan oleh praktisi. Serta efektifitas LKPD ditentukan dari hasil belajar peserta didik kelas II. Hasil validitas LKPD yang dilakukan oleh tiga validator diperoleh nilai validitas rata-rata 81% dalam kategori sangat valid, nilai praktikalitas guru memperoleh rata-rata 92% dan nilai praktikalitas peserta didik memperoleh rata-rata 89,8 % dalam kategori sangat praktis, dan nilai efektifitas memperoleh rata-rata 80% dalam kategori sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hartika, N., & Ismayanti, restu ayu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan, 1(1), 31–51.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar Idah Faridah Laily. Kemampuan Membaca Pemahaman, 3(1).

Novelia, R., Rahimah, D., & Fachruddin, M. S. (2017). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 1, No. 1, Agustus 2017 eISSN 2581-253X. 1(1), 20–25.

Pane, A., & Dasopan, muhammad darwis. (2017). Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Belajar Dan Pembelajaran, 03(2), 333–352.

Prananda, G. (2020). Pengembngan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. 1.

Qhotimah, C., & Hakim, L. (2014). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( Lkpd ) Sebagai Bahan Ajar Dengan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Produk Syariah Di Kelas Xi Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah 6(103), 189–194.

Rahman, B., & Haryanto. (2014). 1. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas i Sdn Bajayau Tengah 2, 2, 127–137.

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Nurlisa, E., Asmara, D. N., & Ratnawati, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scramble Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri 08 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 117–124. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2214