Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scramble Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri 08 Sitiung Kabupaten Dharmasraya
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2214Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran di SD 08 Sitiung Kabupaten Dharmasraya hanya terfokus pada buku panduan. Untuk itu masih dibutuhkannya bahan ajar LKPD yang dipadukan dengan model pembelajaran sehingga dapat membantu peserta didik berpikir secara aktif dan melatih kemampuan peserta didik dalam memahami huruf dan teks bacaan.Tujuan pengembangan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis scrambel pada pembelajaran bahasa indonesia.Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research dan Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: (Analysis, Design,Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba adalah peserta didik kelas II SD Negeri 08 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, praktikalitas dan efektifitas. Instrumen penilaian ini di validitas oleh tiga validator, validator isi, validator konstruk dan validator bahasa, kemudian lembar praktikalitas LKPD ditentukan oleh praktisi. Serta efektifitas LKPD ditentukan dari hasil belajar peserta didik kelas II. Hasil validitas LKPD yang dilakukan oleh tiga validator diperoleh nilai validitas rata-rata 81% dalam kategori sangat valid, nilai praktikalitas guru memperoleh rata-rata 92% dan nilai praktikalitas peserta didik memperoleh rata-rata 89,8 % dalam kategori sangat praktis, dan nilai efektifitas memperoleh rata-rata 80% dalam kategori sangat efektif.Downloads
References
Hartika, N., & Ismayanti, restu ayu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan, 1(1), 31–51.
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar Idah Faridah Laily. Kemampuan Membaca Pemahaman, 3(1).
Novelia, R., Rahimah, D., & Fachruddin, M. S. (2017). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 1, No. 1, Agustus 2017 eISSN 2581-253X. 1(1), 20–25.
Pane, A., & Dasopan, muhammad darwis. (2017). Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Belajar Dan Pembelajaran, 03(2), 333–352.
Prananda, G. (2020). Pengembngan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. 1.
Qhotimah, C., & Hakim, L. (2014). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( Lkpd ) Sebagai Bahan Ajar Dengan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Produk Syariah Di Kelas Xi Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah 6(103), 189–194.
Rahman, B., & Haryanto. (2014). 1. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas i Sdn Bajayau Tengah 2, 2, 127–137.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Elmi Nurlisa, Dwi Novri Asmara, Ratnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).