Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Tema 8 Subtema I Siswa Kelas IV SDN 37/II Pasar Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo

Authors

  • Marhamah Marhamah Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat
  • Alchonity Harika Fitri Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat
  • Faradilla Intan Sari Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2185

Keywords:

Muatan IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar

Abstract

berpusat pada guru. Oleh karena itu hasil belajar siswa banyak yang di bawah KKM. Untuk itu, peneliti melakukan suatu penelitian menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS tema 8 subtema 1 siswa kelas IV SDN 37/II Pasar Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo.Jenis penelitian ini adalah pre experimental design. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SDN 37/II Pasar Lubuk Landai. Waktu dilaksanakannya penelitian ini pada semester II Tahun Ajaran 2020/2021, disesuaikan pada jadwal pembelajaran tematik muatan IPS kelas IV SDN 37/II Pasar Lubuk Landai. Sampel pada penelitian ini berjumlah 26 siswa. Berdasarkan hasil uji paired samples t test diperoleh signifikansi 0,000<0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS tema 8 subtema 1 siswa kelas IV SDN 37/II Pasar Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo. Berdasarkan penelitian, bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar IPS siswa. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat digunakan guru untuk mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata siswa, menjadikan siswa aktif serta model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah Nur Rahmawati. (2018). Identifikasi Masalah Yang Dihadapi Guru Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesia Journal Of Proimary Educatiaon, 2(1), 114–123.

https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/download/14227/820

Devi, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)Terhadap Hasil Belajar PPKN Kelas IV MIN 11 Bandar Lampung. 1–111.

Mahardika, P. M., Dantes, N., & Wayan Widiana. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Gugus V Kintamani Tahun Pelajaran 2017/2018. Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 1–32.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/13069/8255

Muhammad Zoher Hilmi. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah. Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164–172.

http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/198

Mulyana, M. A., Hanifah, N., Jayadinata, A. K., & Kunci, K. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Pena Ilmiah, 1(1), 331–340.

https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/3039/pdf

Nadjamuddin, H. L. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( Nht ) dan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Sosial Pada Siswa Sman 3 Sigi. Jurnal Katalogis, 4(10), 10–21.

https://media.neliti.com/media/publications/159562-ID-pegaruh-model-pembelajaran kooperatif-t.pdf

Rivai, immawati N. A., & Wulandari, T. (2018). Perbedaan Metode Debat dan Ceramah Terhadap Penguasaan Konsep IPS Ditinjau Dari Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 1–11.

https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/11181

Sardiyo. (2020). Penelian Pembelajara IPS. Medan : Nurul Huda https://www.academia.edu/41521679/Penilaian_Pembelajaran_Ips

Salam, B. (2011). Pengantar Pedagogik (Dasar-Dasar Ilmu Sosial). Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D. Bandung :Alfabeta

Surahman, E., & Mukminin. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Pendidikan IPS, 4(1), 1–13.

https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/8660

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana

UU Sistem Pendidikan Nasional No 20. Jakarta: Sinar Grafika. 2003

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Marhamah, M., Fitri, A. H., & Sari, F. I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Tema 8 Subtema I Siswa Kelas IV SDN 37/II Pasar Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2185