Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Smartphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)

Authors

  • Efti Novita Sari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Risqon Jamil Farhas Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Syafriade Zulmi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Bustami Bustami Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Muhammad Aminny Zakky Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3609

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keputusan konsumen dalam pembelian Smartphone pada Mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa dan mahasiswi  Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai yang berjumlah 3803 mahasiswa. Adapun jumlah sampel ditentukan secara proporsional sebanyak 50 orang dengan teknik pengambilan purposive non probability sampling, yaitu mahasiswa dan mahasiswi  Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai yang menggunakan smartphone, serta terdaftar aktif dengan membayar SPP Dasar Tahun Akademik 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; 1) Dimensi pilihan merek memiliki rata-rata tertinggi yaitu sebesar 4,19 artinya, mahasiswa mengutamakan pencarian merek yang paling sesuai meliputi ketertarikan pada merek, kebiasaan pada merek dan kesesuaian harga dengan merek menjadi hal yang paling diutamakan dalam proses keputusan pembelian. 2) Dimensi pilihan produk mendapatkan rata-rata terendah yaitu sebesar 3,59 artinya mahasiswa menganggap smartphone sudah menjadi kebutuhan biasa dan menjadi hal yang wajar setiap orang untuk memilikinya karena menjadi kebutuhan sarana berkomunikasi yang lebih luas dibandingkan penggunaan handphone GSM biasa meliputi kebutuhan, nilai, stimulus gaya hidup dan tingkat ketergantungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Sari, E. N., Jamil Farhas, R., Zulmi, S. ., Bustami, B., & Zakky, M. A. . (2021). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Smartphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai). Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 688–695. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3609