Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Authors

  • Sopiyan Sanjaya Universitas Bandar Lampung, Lampung
  • Baharudin Baharudin Universitas Bandar Lampung, Lampung
  • Indah Satria Universitas Bandar Lampung, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2101

Keywords:

Pemerintahan Desa, Pemberdayaan Masyarakat, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa

Abstract

Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan pengembangan kemandirian dilakukakn dengan cara memberikan edukasi tentang sikap, keterampilan, prilaku, kemampuan, kesadaran serta pemanfaatan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat sebagai lembaga untuk menghimpun aspirasi dan mewujudkan kebutuhan masyarakat yang dibentuk atas dasar masyarakat yang menjadi mitra pemerintah dalam melakukan program pemberdayaan masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana implementasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa pada LPM Desa Dwi Warga Tunggal Jaya Kabupaten Tulang Bawang Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan normatif dan pendekatan empiris. Berdasarkan hasil penelitian, Implementasi peran dan fungsi LPMD dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Dwi Tunggal Jaya yaitu dalam menampung aspirasi dan penyaluran aspirasi masyarakat, penggerak gotong royong serta pendayagunaan dan pengembangan potensi sumberdaya serta keserasian lingkungan hidup, berjelan dengan baik serta pengimplementasian aturan yang ada. Adapun saran yang ingin disampaikan dalam penelitian ini adalah : Diharapkan kepada para aparat Desa serta pengurus LPMD untuk tetap menjaga konsistensian kinerja dengan meningkatkan perhatian dan sosialisasi program kepada masyarakatkan, serta lebih memotivasi masyarakat agar dimasa yang akan datang pembangunan desa membawa masyarakat menjadi masyarakat yang mandiri dan maju.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Edi, Suharto, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Bandung: PT Refika Aditama, 2014.

Fahrudin, Adi, 2012, “Pengantar Kesejahteraan Sosialâ€, Bandung: PT. Rafika Aditama

Ita Ulumiyah, Abdul Juli Andi Gani, Lely Indah Mindarti, 2013Peran Pemerintah Desa Dalam Memberdayakan Masyarakat Desa, (Studi pada Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 5, hlm.890.

Mardikanto, Totok 2015 Pemberdayaan Masyarakat, Bandung: ALFABETA, hlm. 100.

Nurmayani, 2009, “Hukum Administrasi Daerahâ€, Bandar Lampung: UNILA,

Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Nomor 04 Tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa http://dwiwargatunggaljaya.desa.id/data/kependudukan/

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Sanjaya, S., Baharudin, B., & Satria, I. (2021). Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 66–72. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2101