HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD PURI HUSADA TEMBILAHAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v2i1.710

Keywords:

Caring Perawat, Kepuasan Pasien

Abstract

Perawat dalam meningkatkan asuhan keperawatan untuk kebutuhan rasa kepuasan pasien hendaknya menerapkan penggunaan caring. Caring merupakan inti atau fokus dalam keperawatan sebagai bentuk praktik keperawatan profesional. Salah satu indikator mutu pelayanan keperawatan adalah kepuasan pasien dan caring perawat menjadi jaminan apakah layanan perawat tersebut bermutu atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Puri Husada Tembilahan Tahun 2016. Penelitian ini dilaksanakan pada 04 s/d 25 April 2016, bersifat analitik dengan desain cross sectional dengan menggunakan data primer. Tehnik Sampel menggunakan total sampling dengan jumlah 127 responden yaitu pasien yang dirawat di RSUD Puri Husada Tembilahan. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariatdengan uji chi square. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil univariat menunjukkan bahwa 88 (69%) responden mengatakan caring perawat baik dan 84 (66,1%) responden mengatakan puas. Hasil analisa bivariat diketahui ada hubungan yang bermakna antara caring perawat dengan kepuasan pasien, dibuktikan dengan nilai p value = 0,020 atau p < 0,05. Oleh karena itu diharapkan bagi tenaga kesehatan untuk dapat memasukkan peningkatan perilaku caring perawat dalam pemberian rasa kepuasan ke dalam perencanaan dan tujuan pelayanan keperawatan sekaligus dibuat kebijakan terkait caring dan rasa kepuasan pasien.

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta

Blais. (2007). Praktek Peperawatan Profesional . Edisi 4 . Jakarta : EGC

Depkes RI. (2008). Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta : Bhakti Husada

Dwidiyanti, (2007). Caring Kunci Sukses Perawat/Ners Mengamalkan Ilmu . Semarang : Hasani

Hidayat, Aziz Alimul. (2014). Riset Keperawatan dan Tehnik Penelitian Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika

Imbalo. (2006). Managemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC

Kusmiran, Eny. (2015). Soft Skills Caring Dalam Pelayanan Keperawatan. Jakarta : TIM

Muhasidah. (2002). Hubungan Tehnik dan Frekuensi Supervise Kepala ruangan dengan pelaksanaan caring untuk perawat pelaksana di RS Sumber Waras. Tesis. Program Pascasarjana FIK UI. Jakarta; Tidak dipublikasikan

Muninjaya, A.A. Gde (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC

Nurachmah (2001 ). Asuhan Keperawatan Bermutu di Rumah Sakit. Perhimpunan rumah sakit seluruh Indonesia (PERSI).

Paparaya. (2009). Manajemen Keperawatan. Yogyakarta : Numed

Potter, P.A & Perry (2006). Fundamental of nursing concept; Process &Practice. St. Louis : Mosby

Priyoto. (2015). Komunikasi & Sikap Empati Dalam Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Profil Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan (2016)

Purwanto. (2007). Pengadaan Layanan Kesehatan. Yogyakarta : Gosyen Publising

Rahayu. (2001). Faktor-faktor yang berhubungan dengan sikap caring yang di persepsikan oleh perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUP Persahabatan. Jakarta : Tesis

Samba, Suharyati. (2014). Nursing Center Konsep & Aplikasi. Jakarta : EGC

Saryono (2010). Kumpulan Instrumen Penelitian Kesehatan. Bantul : Nuha Medika

Saryono dan Ari Setiawan. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Nuha Medika

Setiadi. (2013). Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Sitorus. (2007). Model Praktek Keperawatan Profesional di Rumah Sakit. Jakarta : EGC .

Sudarta, I Wayan. (2015). Managemen Keperawatan Penerapan Teori Model Dalam Pelayanan Keperawaran. Yogyakarta : Gosyen Publising

Sujarweni, V Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta : Gava Media

Tobing. (2008). Hubungan Kepuasan dan Harapan Pasien Dengan Mutu Pelayanan Di Instalasi Rawat Jalan RSU DR. Soetomo. Surabaya : Tidak dipublikasikan

Uliyah, Musrifatul. (2008). Keterampilan Dasar Klinik. Jakarta : Salemba Medika

Wijono. (2007). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Teori, Strategi dan Aplikasi. Jakarta : Salemba

Wiyana. (2008). Membangun Pribadi Caring Perawat. Jakarta : Graha Ilmu

Wulan & Hastuti. (2011). Pengantar Etika Keperawatan. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Yuslizar (2001) Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSU Lubuk Linggau Sumatra Selatan. Jakarta. Program Studi KARS. FKM UI: Tidak dipublikasikan

Downloads

Published

2018-04-20

How to Cite

APRIZA, A. (2018). HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD PURI HUSADA TEMBILAHAN. Jurnal Ners, 2(1), 41–55. https://doi.org/10.31004/jn.v2i1.710

Issue

Section

Articles