Peran Bermain Terapeutik dalam Mengurangi Kecemasan Anak Leukemia saat Kemoterapi: Studi Evidence-Based Nursing
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.53163Abstract
Pendahuluan: Leukemia merupakan kanker paling umum pada anak dan terapi utama adalah kemoterapi. Proses ini sering menimbulkan kecemasan yang berdampak pada kualitas hidup anak. Intervensi bermain terapeutik, seperti mewarnai dan bercerita, dipandang efektif sebagai distraksi emosional. Tujuan: Mengetahui efektivitas bermain terapeutik (mewarnai dan bercerita) dalam menurunkan kecemasan anak dengan leukemia yang menjalani kemoterapi di RS Kanker Dharmais. Metode: Penelitian menggunakan desain kuasi eksperimen dengan pre-test dan post-test tanpa kelompok kontrol. Sebanyak 20 anak usia prasekolah menjadi responden. Instrumen yang digunakan adalah Preschool Anxiety Scale Revised (PASR) dan Children’s Fear Scale (CFS). Intervensi dilakukan selama tiga hari berturut-turut, masing-masing 30 menit. Hasil: Rata-rata skor kecemasan anak sebelum intervensi sebesar 43,50 menurun menjadi 34,90 setelah intervensi (p<0,001). Skor ketakutan juga menurun signifikan dari median 2,00 menjadi 1,00 (p<0,05). Bermain terapeutik terbukti efektif menurunkan kecemasan dan ketakutan anak leukemia. Kesimpulan: Bermain terapeutik dengan mewarnai dan bercerita merupakan intervensi keperawatan efektif untuk mengurangi kecemasan anak dengan leukemia yang menjalani kemoterapi. Saran: Perawat disarankan menjadikan intervensi ini sebagai bagian dari perawatan atraumatik dan rumah sakit dapat mengembangkan SOP terkait.Downloads
Published
2025-12-16
How to Cite
Dewi, S. U., Agustina, A. N., & Farida, L. N. (2025). Peran Bermain Terapeutik dalam Mengurangi Kecemasan Anak Leukemia saat Kemoterapi: Studi Evidence-Based Nursing. Jurnal Ners, 10(1), 902–910. https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.53163
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






