Efektifitas Model Pendidikan Seksual Komprehensif melalui Pendekatan Budaya Suku Pamona terhadap Pencegahan Seksual Pranikah Remaja SMA dan SMK Kabupten Poso

Authors

  • Fauziah H. Tambuala Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Mandiri Poso
  • Dwi Debi Tampa’i Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Mandiri Poso
  • Fany Lairin Djala Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Mandiri Poso
  • Moh. Wafri Matorang Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Mandiri Poso

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.52705

Abstract

Perilaku sosial pranikah merupakan aktivitas yangv memiliki dampak salah satunya adalah penyakit menular seksual. Pendekatan budaya suku Pamona merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah perilaku tersebut. Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pendidikan seksual komprehensif melalui pendekatan budaya suku pamona pada remaja  SMA dan SMK di kabupaten poso agar dapat mencegah seksual pranikah pada remaja. Metode penelitian : menggunakan desain quasi experiment pre-post test with control group. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dengan sampel 92 responden (kelompok intervensi 46 dan kelompok kontrol 46). Instrument menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan uji Independen Sample t test. Hasil penelitian : menunjukkan ada perbedaan efektifitas model pendidikan seksual komprehensif melalui budaya suku pamona terhadap pencegahan perilaku seksual pranikah dengan p value= 0,000 Kesimpulan : Pada penelitian ini ada perbedaan efektifitas model pendidikan seksual komprehensif melalui pendekatan budaya suku pamona terhadap pencegahan perilaku seksual pranikah remaja.

Downloads

Published

2025-12-20

How to Cite

Tambuala, F. H., Tampa’i, D. D., Djala, F. L., & Matorang, M. W. (2025). Efektifitas Model Pendidikan Seksual Komprehensif melalui Pendekatan Budaya Suku Pamona terhadap Pencegahan Seksual Pranikah Remaja SMA dan SMK Kabupten Poso. Jurnal Ners, 10(1), 1027–1032. https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.52705

Issue

Section

Articles