Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Program Makanan Bergizi di Sekolah Dasar di Indonesia: Scoping Review

Authors

  • Musdalifah Nor Amini Faculty of Public Health, Universitas Diponegoro
  • Ayun Sriatmi Universitas diponegoro
  • Apoina Kartini Universitas diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.52646

Abstract

Program makan bergizi adalah intervensi penting dalam meningkatkan konsentrasi belajar serta menurunkan risiko malnutrisi pada peserta didik. Di Indonesia, program ini mendapatkan perhatian seiring dengan kebijakan yang menempatkan sekolah sebagai wadah strategis untuk membentuk kebiasaan makan sehat. Namun, temuan menunjukkan bahwa pelaksanaan program masih menghadapi tantangan pada berbagai aspek. Maka diperlukan kajian sistematis untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat sebagai dasar perumusan strategi implementasi yang lebih efektif dan berkelanjutan. Scoping review ini bertujuan menentukkan faktor tersebut melalui analisis terhadap 25 artikel ilmiah relevan. Penelitian ini menggunakan kerangka PRISMA-ScR dengan artikel yang bersumber dari ScienceDirect, Google Cendekia, dan Scopus. Artikel yang dianalisis antara tahun 2015 hingga 2025 dan dipilih melalui pencarian kata kunci seperti “sekolah dasar”, “program makanan bergizi”, “pendukung”, “penghambat”, dan “Indonesia”. Hasil kajian menunjukkan keberhasilan program ditentukan oleh faktor pendukung seperti regulasi, koordinasi lintas sektor, komitmen staf, integrasi pendidikan gizi, dukungan guru, serta kesiapan sekolah. Faktor penghambat yang ditemukan meliputi lemahnya monitoring dan evaluasi, keterbatasan pasokan bahan makanan, rendahnya keterlibatan orang tua, preferensi makan anak, sisa makanan, keterbatasan pendanaan, dan kendala logistik.

Downloads

Published

2025-12-16

How to Cite

Amini, M. N., Sriatmi, A., & Kartini, A. (2025). Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Program Makanan Bergizi di Sekolah Dasar di Indonesia: Scoping Review. Jurnal Ners, 10(1), 857–865. https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.52646

Issue

Section

Articles