Hubungan Kualitas Tidur dan Performa Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Perguruan Advent Bandung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.52124Abstract
Tidur merupakan kebutuhan fisiologis dasar yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan fisik, mental, dan kognitif seseorang. Kualitas tidur yang buruk pada remaja dapat berdampak negatif terhadap konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan belajar, sehingga menurunkan performa akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dan performa akademik siswa Sekolah Menengah Pertama Perguruan Advent Bandung. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional dan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP sebanyak 28 responden yang diambil dengan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner Adolescent Sleep–Wake Scale (ASWS) untuk menilai kualitas tidur dan nilai rata-rata sebagai indikator performa akademik. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kualitas tidur dalam kategori cukup (85,7%) dan performa akademik dalam kategori baik (75%). Hasil uji korelasi sebesar 0,011 (<0,05), yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dan performa akademik. Dengan demikian, semakin baik kualitas tidur siswa, semakin tinggi pula performa akademik yang dicapai. Kata Kunci: Kualitas Tidur, Performa Akademik, SiswaDownloads
Published
2025-11-22
How to Cite
Saerang, R., & Sitompul, M. (2025). Hubungan Kualitas Tidur dan Performa Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Perguruan Advent Bandung . Jurnal Ners, 10(1), 289–295. https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.52124
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






