Hubungan Kualitas Tidur dan Performa Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Perguruan Advent Bandung

Authors

  • Rainier Saerang Universitas Advent Indonesia
  • Monalisa Sitompul Universitas Advent Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.52124

Abstract

Tidur merupakan kebutuhan fisiologis dasar yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan fisik, mental, dan kognitif seseorang. Kualitas tidur yang buruk pada remaja dapat berdampak negatif terhadap konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan belajar, sehingga menurunkan performa akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dan performa akademik siswa Sekolah Menengah Pertama Perguruan Advent Bandung. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional dan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP sebanyak 28 responden yang diambil dengan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner Adolescent Sleep–Wake Scale (ASWS) untuk menilai kualitas tidur dan nilai rata-rata sebagai indikator performa akademik. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kualitas tidur dalam kategori cukup (85,7%) dan performa akademik dalam kategori baik (75%). Hasil uji korelasi sebesar 0,011 (<0,05), yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dan performa akademik. Dengan demikian, semakin baik kualitas tidur siswa, semakin tinggi pula performa akademik yang dicapai. Kata Kunci: Kualitas Tidur, Performa Akademik, Siswa

Downloads

Published

2025-11-22

How to Cite

Saerang, R., & Sitompul, M. (2025). Hubungan Kualitas Tidur dan Performa Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Perguruan Advent Bandung . Jurnal Ners, 10(1), 289–295. https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.52124

Issue

Section

Articles