Hubungan Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Siswa SMK Perjuangan Parongpong
DOI:
https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.51846Abstract
Kajian ini bertujuan menelaah secara kuantitatif keterkaitan antara frekuensi penggunaan media sosial dengan tindakan penindasan dunia maya (cyberbullying) di kalangan pelajar remaja SMK Perjuangan Parongpong. Penelitian korelasional ini melibatkan 57responden yang dipilih melalui teknik total sampling dari total populasi 101 siswa kelas X hingga XII. Data dikumpulkan menggunakan angket cyberbullying dan penggunaan media sosial yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan uji Spearman rho. Hasilnya secara signifikan memperlihatkan adanya hubungan kuat (p < 0,05) yang berarti bahwa peningkatan intensitas remaja dalam mengakses media sosial secara langsung berkorelasi dengan tingginya kecenderungan mereka untuk terlibat dalam perilaku cyberbullying. Temuan ini memberikan penegasan akan pentingnya inisiatif edukasi digital yang komprehensif serta pengawasan yang ketat terhadap aktivitas daring para remaja sebagai langkah pencegahan.Downloads
Published
2025-11-21
How to Cite
Manurung, R. T., & Rantung, J. (2025). Hubungan Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Siswa SMK Perjuangan Parongpong. Jurnal Ners, 10(1), 152–158. https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.51846
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ners

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






