Hubungan Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Siswa SMK Perjuangan Parongpong

Authors

  • Rachel Theresia Manurung Universitas Advent Indonesia
  • Jeanny Rantung Universitas Advent Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.51846

Abstract

Kajian ini bertujuan menelaah secara kuantitatif keterkaitan antara frekuensi penggunaan media sosial dengan tindakan penindasan dunia maya (cyberbullying) di kalangan pelajar remaja SMK Perjuangan Parongpong. Penelitian korelasional ini melibatkan 57responden yang dipilih melalui teknik total sampling dari total populasi 101 siswa kelas X hingga XII. Data dikumpulkan menggunakan angket cyberbullying dan penggunaan media sosial yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan uji Spearman rho. Hasilnya secara signifikan memperlihatkan adanya hubungan kuat (p < 0,05) yang berarti bahwa peningkatan intensitas remaja dalam mengakses media sosial secara langsung berkorelasi dengan tingginya kecenderungan mereka untuk terlibat dalam perilaku cyberbullying. Temuan ini memberikan penegasan akan pentingnya inisiatif edukasi digital yang komprehensif serta pengawasan yang ketat terhadap aktivitas daring para remaja sebagai langkah pencegahan.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Manurung, R. T., & Rantung, J. (2025). Hubungan Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Siswa SMK Perjuangan Parongpong. Jurnal Ners, 10(1), 152–158. https://doi.org/10.31004/jn.v10i1.51846

Issue

Section

Articles